Jawa Pos

Aksi Gemas Bichon Frise Meriahkan Pesta Natal

-

SURABAYA,Jawa Pos – Tofu, anjing lucu berbulu putih seperti boneka, berlari memasuki terowongan oranye. Ia lantas melompati rintangan di ujung terowongan tersebut. Bukan hanya itu, ia juga unjuk ketangkasa­n melewati rintangan zig-zag. Aksi Tofu ditampilka­n dalam perayaan Natal komunitas Bichon Frise Surabaya di Gatherinc. Bistro & Bakery Sabtu (21/12).

Show ketangkasa­n bichon frise menjadi puncak acara gathering yang baru pertama diadakan komunitas pencinta anjing tersebut. Melatih anjing dalam hal ketangkasa­n (agility) tidak mudah. Butuh waktu untuk membuat anjing-anjing itu mampu melewati semua rintangan. Misalnya, yang dijelaskan Jenny Purnomo, doggy trainer. ’’Setiap anjing tentu beda-beda pelatihann­ya. Ada yang cepet banget. Ada juga yang butuh waktu agak lama,’’ ucapnya.

Bahkan, meski sudah terlatih, mereka bisa saja kehilangan fokus dan gagal melewati rintangan saat show. Misalnya, yang terjadi pada Tofu dan Rocco. Namun, hal itu memberikan hiburan tersendiri dalam gathering pagi itu. Ulahulah mereka yang lucu dan menggemask­an membuat anggota komunitas yang hadir terhibur.

Bichon frise merupakan ras anjing kecil berbulu putih halus dari Malta, Spanyol. Tampilanny­a yang mirip dengan boneka membuatnya kian menggemask­an. Perayaan Natal bareng hewan kesayangan itu pun mengangkat tema Snowball.

’’Soalnya, bichon kan warnanya putih. Terus bentuknya bulet-bulet kayak snowball,’’ ujar Ketua Komunitas Vonny Sanyoto. Ada sekitar 20 anjing bichon yang hadir dalam gathering komunitas sekaligus perayaan Natal tersebut. ’’Mumpung belum liburan, kami gathering bareng-bareng ngerayain Natal. Kebetulan semua bisa hadir,’’ lanjut Vonny.

Dalam pesta itu juga diadakan lomba fotogenic doggy bareng owner. ’’Kriteria penilaian harus ada chemistry antara anjing dan pemiliknya. Nanti di-post di Instagram, baru setelah itu dipilih pemenangny­a,’’ kata Vonny. Untuk ikut lomba foto itu, tiap owner mendandani bichon mereka agar terlihat semakin lucu. Ada yang dipakaikan baju, rok, topi, sampai kalung.

Menurut Vonny, bichon merupakan anjing yang ramah dan playful. ’’Bichon senang diajak bermain,’’ ujarnya. Di akhir sesi, bareng doggy masing-masing, mereka melepas balon warna-warni sebagai bentuk perpisahan sebelum libur panjang dimulai.

 ??  ??
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? ACARA PERDANA: Anggota komunitas Bichon Frise Surabaya saat berkumpul sekaligus merayakan Natal di Gatherinc. Bistro & Bakery.
BIKIN GEMAS: Aksi salah satu anjing bichon frise melompati lingkaran.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS ALFIAN RIZAL/JAWA POS ACARA PERDANA: Anggota komunitas Bichon Frise Surabaya saat berkumpul sekaligus merayakan Natal di Gatherinc. Bistro & Bakery. BIKIN GEMAS: Aksi salah satu anjing bichon frise melompati lingkaran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia