Jawa Pos

Cegah Kecelakaan, Tambal Sulam Akses Pelabuhan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Permukaan Jalan Kalimas Baru, Pabean Cantian, tampak mulus dua hari terakhir. PT Pelindo III bersama Pemkot Surabaya merehab akses utama ke Pelabuhan Kalimas tersebut. Selain mengantisi­pasi kecelakaan, tambal sulam dilakukan karena jalan rusak parah.

Sebelumnya, dari pantauan Jawa Pos, tak sedikit pengendara yang mengeluh saat melewati Jalan Kalimas Baru. Sebab, sebagian akses sepanjang 3 kilometer itu bergelomba­ng. Banyak gundukan yang membuat pengendara tidak nyaman.

”Kalau melihat keseharian­nya, kami mendorong untuk dibeton. Yang lewat truk-truk besar,” kata Koordinato­r Satgas Pemelihara­an Jalan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya Puji Purwanto (24/12). Dia tak menampik bahwa perbaikan memang dilakukan dua instansi. Pemkot hanya menggarap sisi selatan atau dekat bundaran Jalan Jakarta. Sementara itu, bagian utara diperbaiki Pelindo.

Kepala Humas Pelindo III Regional Jatim Rendy Fendy menjelaska­n bahwa perbaikan Jalan Kalimas Baru masuk program pemelihara­an rutin. Selain pemerataan, ada penambalan bagian jalan yang berlubang. ’’Ini upaya pemelihara­an jelang musim hujan,’’ ujarnya.

Dia menegaskan bahwa proyek rehab sudah tuntas. Pengendara tidak perlu khawatir. Sebab, perbaikan sama sekali tidak mengganggu bongkar muat di pelabuhan.

Lantas, bagaimana dengan usul untuk dibeton seperti Prapat Kurung? Rendy menjelaska­n bahwa sejauh ini belum ada rencana pembetonan. Dia menilai status Jalan Kalimas Baru dan Prapat Kurung berbeda. ’’Di Prapat Kurung yang lewat kontainer-kontainer. Di Kalimas Baru hanya truk ke pelra (pelabuhan rakyat),’’ jelasnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? TAK LAGI BERGELOMBA­NG: Kondisi Jalan Kalimas Baru setelah diperbaiki kemarin. Lalu lintas di sana lebih lancar.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS TAK LAGI BERGELOMBA­NG: Kondisi Jalan Kalimas Baru setelah diperbaiki kemarin. Lalu lintas di sana lebih lancar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia