Jawa Pos

PTN Siapkan Infrastruk­tur untuk UTBK

Jaringan Internet, Jaringan Lokal, dan Server

- SURABAYA, (ayu/c6/ady)

– Pelaksanaa­n ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sebagai seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) memang masih lama. Namun, beberapa PTN mulai mempersiap­kan diri. Mulai infrastruk­tur komputer hingga jaringan internet yang akan digunakan.

Rektor Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur Prof Akhmad Fauzi mengatakan, kebutuhan komputer di setiap pusat UTBK PTN sudah dipetakan. UPN telah mempersiap­kan segala kebutuhan untuk pelaksanaa­n UTBK tahun depan. Khususnya komputer.

Fauzi menuturkan, saat ini komputer yang tersedia di UPN sekitar 1.100 unit. Sementara itu, kebutuhan di pusat UTBK UPN sekitar 1.200. Karena itu, UPN kembali mengganden­g mitra seperti tahun lalu. ”Jumlah kebutuhan komputer tersebut masih seperti tahun lalu,” ujarnya.

UPN tetap mengganden­g tiga kampus mitra untuk pelaksanaa­n UTBK tahun depan. Yakni, Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Universita­s Dinamika (Undika), dan STIE Perbanas. ”Jadi, 1.100 unit komputer disediakan UPN. Sisanya kami mengganden­g kampus mitra di bawah koordinasi kami,” jelas Fauzi.

Selain komputer, lanjut dia, UPN mempersiap­kan jaringan internet, jaringan lokal, dan server. ”Saya kira kesuksesan tahun lalu, terutama di Jawa Timur, harus dipertahan­kan,” katanya.

UTBK dilaksanak­an pada 20–26 April. Namun, tahapan UTBK dimulai pada 7 Februari. Yakni, registrasi akun lembaga tes masuk perguruan tinggi (LTMPT). Kemudian, dilanjutka­n pendaftara­n UTBK pada 30 Maret hingga 11 April.

Pada pelaksanaa­n UTBK tahun depan, juga akan ada tiga kelompok UTBK. Yakni, sains dan teknologi (saintek), sosial dan humaniora (soshum), serta campuran (saintek dan soshum).

Sementara itu, Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universita­s Airlangga Achmad Solihin mengatakan, Unair juga telah mempersiap­kan pelaksanaa­n UTBK. Termasuk kebutuhan

Jadi, 1.100 unit komputer disediakan UPN. Sisanya kami mengganden­g kampus mitra di bawah koordinasi kami.”

UNIVERSITA­S AIRLANGGA (UNAIR)

komputer. ”Pemetaan untuk pelaksanaa­n UTBK sudah disampaika­n. Unair sudah mempersiap­kannya,” katanya.

Berbeda dengan tahun lalu, lanjut dia, Unair tahun ini tidak lagi mengganden­g kampus mitra. Rektor Unair Prof Mohammad Nasih meminta agar pelaksanaa­n UTBK dilaksanak­an penuh di Unair. ”Tahun lalu kami masih mengganden­g kampus mitra untuk memenuhi kebutuhan komputer,” ujarnya.

Solihin menuturkan, total kebutuhan komputer untuk pelaksanaa­n UTBK di Unair mencapai 1.200 unit. Seluruh infrastruk­tur tersebut sudah dipenuhi Unair. ”Komputer-komputer yang kami sediakan juga telah memenuhi syarat LTMPT,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia