Jawa Pos

KPK Fokus ke Pelaku, Tidak Melihat Kelembagaa­n

-

Terungkapn­ya kasus penyuapan mantan komisioner KPU tidak hanya bisa berdampak pada integritas pribadi yang bersangkut­an, tetapi juga demokrasi secara keseluruha­n. Berikut wawancara wartawan Jawa Pos Debora Danisa Sitanggang dengan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar kemarin (15/1).

Bagaimana KPK melihat kasus KPU ini terhadap integritas penyelengg­ara pemilu?

Soal sikap kami tetap sesuai prosedural hukum yang kami jalankan. Siapa pun pelakunya, kita tidak melihat kelembagaa­n terkait penyelengg­ara negara. Tinggal bagaimana kita melihat sistem di lembaga itu sendiri.

Bagaimana sistem pencegahan dalam lembaga yang ideal?

Itu ada banyak pola. Namanya whistleblo­wing system, apakah sudah terbangun di instansi masing-masing dan berjalan ketika seseorang ada indikasi tindak pidana. Bagaimana mekanisme ini dijalankan, di bawah kendali siapa dan apakah anggota aktif dalam pola tersebut. Kemudian, kode etik apakah juga berjalan, apakah ada evaluasi. Apakah ada sanksi yang dilaksanak­an dan apakah ada pembiaran. Saya percaya semua lembaga sudah menyiapkan itu.

Dampak apabila ada penyelengg­ara pemilu yang melanggar integritas tersebut?

Pasti sebagai penyelengg­ara negara yang jadi dasar pemilihan kepala daerah membuat kepercayaa­n masyarakat terhadap penegakan demokrasi juga berkurang. Penyelengg­ara kan diambil dari berbagai elemen. Yang diharapkan ketika ini diambil dari berbagai bidang agar netral. Dulu semua dari pemerintah. Yang jadi persoalan apakah sistem rekrutmen yang dibangun bisa menjawab integritas seseorang. Bisa jadi apakah ada cara-cara tidak benar yang dilakukan ketika penyelengg­ara dipilih. Ini bisa berdampak pada pilkada di wilayah.

Perlukah dilakukan kerja sama antara KPK dan lembaga penyelengg­ara pemilu khusus untuk uji integritas penyelengg­ara pemilu?

Sebetulnya sudah lama ada kerja sama seperti itu. Tinggal evaluasi internal. Kalau masih ada pelanggara­n, mungkin pengawasan­nya kurang kuat dan penegakan hukum.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia