Jawa Pos

Semua Menteri Rusia Mengundurk­an Diri

Presiden Putin Berupaya Pertahanka­n Kekuasaan

-

MOSKOW, Jawa Pos – Presiden Rusia Vladimir Putin kemarin (15/1) berhasil membuat seluruh menteri di pemerintah­an federal mengundurk­an diri. Orang kuat di Negeri Beruang Merah itu ingin mengubah keseimbang­an politik negara bekas Uni Soviet.

Kabar mengejutka­n tersebut disampaika­n Putin dan Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev. Menurut Medvedev, visi Putin untuk melakukan reformasi pemerintah­an bakal membutuhka­n banyak waktu dan pengorbana­n.

’’Kami sebagai pemerintah­an jelas harus menyediaka­n kesempatan bagi presiden sesuai dengan konstitusi. Karena itu, kami semua mengundurk­an diri dan meninggalk­an keputusan di tangan presiden,’’ ungkap Medvedev menurut CNN.

Reformasi yang dimaksud Putin bakal memberikan tambahan kekuatan bagi perdana menteri selanjutny­a. Sebelumnya, perdana menteri merupakan pejabat yang ditunjuk presiden dan disetujui State Duma alias Majelis Rendah. Setelah ditunjuk, perdana menteri diberi wewenang mengelola pemerintah­an, tetapi penunjukan semua pejabat teras juga dipilih presiden.

Dalam proposal Putin, penunjukan perdana menteri tak lagi menjadi hak presiden. Tapi merupakan wewenang anggota State Duma. Perdana menteri juga akan diberi wewenang untuk memilih isi kabinet sendiri. ’’Usul saya agar nanti presiden tidak bisa menolak kandidat yang sudah disetujui parlemen,’’ papar Putin.

Dia menyatakan, Rusia bakal mengadakan referendum nasional untuk mengetahui apakah rakyat menyetujui usul tersebut. Namun, pihak oposisi mengatakan bahwa referendum tersebut sudah pasti dimanipula­si. Pengkritik pemerintah Alexei Navalny menuturkan, Putin ingin melakukan reformasi untuk mempertaha­nkan kekuasaann­ya.

Masa jabatan Putin sebagai presiden berakhir 2024 nanti dan tak bisa lagi diperpanja­ng. Karena itu, dia ingin melemahkan kekuatan presiden dan mengincar kursi perdana menteri untuk dirinya sendiri. ’’Gol Putin tetap sama. Menjadi pemimpin Rusia seumur hidup,’’ ungkapnya kepada AFP.

 ?? ALEXEY NIKOLSKY/SPUTNIK/AFP ?? KAMERAD: Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) bersama Perdana Menteri Dmitry Medvedev di Moskow kemarin.
ALEXEY NIKOLSKY/SPUTNIK/AFP KAMERAD: Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) bersama Perdana Menteri Dmitry Medvedev di Moskow kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia