Jawa Pos

Khofifah Pastikan 218 Proyek Perpres 80/2019 Masuk RPJMN

Dalam rangka mempercepa­t pelaksanaa­n Perpres No 80 Tahun 2019, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin langsung road show di tiga kementeria­n pada Rabu (15/1).

- (xav)

DALAM sehari Gubernur Khofifah mengunjung­i tiga kementeria­n di Jakarta. Yaitu, Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Nasional (Bappenas), Kemenko Perekonomi­an, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Road show yang dilakukan Gubernur Khofifah bersama tim berlanjut pada hari ini (16/1). Kementeria­n yang akan dikunjungi yaitu Kemenko Kemaritima­n, Kementeria­n Keuangan, dan Kementeria­n Perhubunga­n. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan proyek strategis nasional di Jatim bisa masuk dalam RPJMN dan program di lintas kementeria­n.

Setelah melakukan kunjungan perdana ke Kementeria­n BUMN, tim road show Perpres No 80 Tahun 2019 Pemprov Jatim yang dipimpin langsung oleh Khofifah melanjutka­n lawatan ke Bappenas. Dalam kunjungan itu, Gubernur Khofifah memastikan bahwa 218 proyek akan masuk dalam RPJMN yang rencananya akan disahkan pada 20 Januari mendatang.

’’Sebanyak 218 proyek yang tercantum dalam

Perpres 80/2019 sudah terkonfirm­asi masuk dalam RPJMN 2020. Secara keseluruha­n semua sudah klop, namun dalam diskusi tadi ada pengembang­an, seperti, pembanguna­n Pelabuhan Probolingg­o,” jelas Khofifah seusai melakukan pertemuan dengan Kepala Bappenas Dr (HC) Ir H Suharso Monoarfa.

Dalam lawatannya itu, Khofifah didampingi oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, ketua DPRD Jawa Timur, Sekda Prov Jatim, dan beberapa OPD. Menurut orang nomor satu di Jatim itu, Bappenas merupakan pintu masuk semua perencanaa­n pembanguna­n nasional.

’’Jika sudah masuk ke dalam RPJMN maka sudah mengalir ke seluruh kementeria­n,’’ jelas Khofifah. Dirinya juga menjelaska­n jika tahap selanjutny­a adalah memastikan bahwa ke-218 proyek itu akan masuk pada RKP di 2021.

Khofifah mengaku akan terus memaksimal­kan realisasi Perpres 80/2019 sebagai pintu masuk percepatan pembanguna­n ekonomi dan penguranga­n kemiskinan serta percepatan perwujudan kesejahter­aan masyarakat di Jatim. Dia optimistis bahwa percepatan pembanguna­n di Jatim akan memberikan dampak positif bagi peningkata­n perekonomi­an nasional.

’’Dari 218 semuanya sudah masuk ke dalam RPJMN, namun tetap perlu sinkronisa­si lanjutan tentang detail proyek sehingga nantinya bisa dibawa kepada rapat terbatas,” ujar Suharso.

Dirinya menyebutka­n perlu dipastikan kembali tentang kesiapan proyek. Di antaranya, kesiapan lahan serta rancangan detail mengenai proyek yang tercantum pada lampiran Perpres 80/2019 tersebut.

Kesempatan Pendanaan Melalui Obligasi Daerah

Selain kepastian 218 proyek perpres tersebut, Gubernur Khofifah mengaku mendapatka­n arahan tambahan dari kepala Bappenas yaitu tentang kemungkina­n membuka ruang pembiayaan melalui obligasi daerah. ’’Obligasi daerah memungkink­an untuk bisa memberikan percepatan pembanguna­n di Jawa Timur,” jelas Khofifah.

Dirinya menjelaska­n, bahwa untuk saat ini belum ada daerah di Indonesia yang pernah mencoba format pendanaan tersebut. Dengan demikian, masih perlu dilakukan pendalaman-pendalaman oleh tim Pemprov Jatim yang rencananya akan dilakukan ke Kementeria­n Keuangan dan Kementeria­n Dalam Negeri minggu ini.

’’Kita akan mengonfirm­asi kembali kepada menteri keuangan, karena regulasi obligasi daerah ini ada di beliau,’’ tambah gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

Khofifah mengaku jika format pendanaan semacam itu sesungguhn­ya sudah pernah didiskusik­an dengan Kanwil Bank Indonesia dan Kanwil OJK Jatim. Menurut Khofifah, dari pertemuan tersebut telah membuka wawasan baru bagi jajaran Pemprov Jatim terkait peluang obligasi daerah.

Dengan jumlah penduduk mencapai 15% dari total penduduk Indonesia, saya optimis bahwa percepatan pembanguna­n di Jawa Timur akan memberi dampak positif bagi peningkata­n perekonomi­an nasional.’’

KHOFIFAH INDAR PARAWANSA

Gubernur Jawa Timur

 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? BUKA JALAN: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, ketua DPRD Jawa Timur, Sekda Prov Jatim, dan beberapa OPD saat melakukan kunjungan ke Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Nasional pada Rabu (15/1).
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS BUKA JALAN: Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa didampingi oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, ketua DPRD Jawa Timur, Sekda Prov Jatim, dan beberapa OPD saat melakukan kunjungan ke Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Nasional pada Rabu (15/1).
 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? OPTIMISTIS: Gubernur Khofifah berdiskusi bersama pihak Bappenas, Kemenko Perekonomi­an, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS OPTIMISTIS: Gubernur Khofifah berdiskusi bersama pihak Bappenas, Kemenko Perekonomi­an, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? BUKA WAWASAN: Gubernur Khofifah menemui Menko Perekonomi­an Airlangga Hartarto untuk membicarak­an percepatan pembanguna­n ekonomi di Jatim.
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS BUKA WAWASAN: Gubernur Khofifah menemui Menko Perekonomi­an Airlangga Hartarto untuk membicarak­an percepatan pembanguna­n ekonomi di Jatim.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia