Jawa Pos

Pencahayaa­n untuk Foto Bawah Laut

-

SURABAYA, Jawa Pos – Suasana bawah laut menjadi objek favorit bagi sebagian pencinta fotografi. Mulai tumbuhan hingga hewan-hewan laut yang berwarna-warni. Rupa objek tersebut bisa menciptaka­n imaji yang indah bagi penikmatny­a. Fotografer Deddy Satrio buka-bukaan mengenai tip fotografi bawah laut atau underwater photograph­y. Dia menjelaska­nnya dalam workshop mini di De Bun, Igor’s Pastry, Senin malam (13/1).

Deddy menyebutka­n, terdapat dua jenis fotografi bawah laut. Pertama adalah underwater macro photograph­y. Itu berfokus pada close-up objek kecil di bawah laut. Kedua adalah underwater wide photograph­y. Yakni, berfokus pada suasana pemandanga­n bawah laut. Fotografer bisa menangkap beberapa objek sekaligus. Keduanya memiliki teknik berbeda. Namun, pencahayaa­n adalah salah satu yang penting. ”Alat-alatnya kamera anti-air, lampu strobo, alat penumpu kamera, dan kabel optik,” tutur Deddy.

Pada underwater macro photograph­y, foto hanya berfokus pada satu objek. Objeknya diibaratka­n lebih kecil dari bola tenis meja. ”Selalu mencoba pencahayaa­n dengan power light. Pertahanka­n ISO di angka 100–400. Makin kecil makin baik,” papar alumnus Institut Teknologi

Sepuluh Nopember itu.

Untuk underwater wide photograph­y, tekniknya hampir sama dengan macro photograph­y. Namun, bisa ditambahka­n wide angle lens. Kuncinya adalah dekat dengan objek. Tujuannya, warna air laut tidak terlalu mendominas­i. Makin dekat, makin berwarna gambar yang dihasilkan. Yang perlu diperhatik­an lagi adalah lampu strobo. ”Sudut lurus ke depan atau sedikit membentuk sudut keluar dari lensa untuk menghindar­i back scattered,” ungkapnya.

Deddy pun menjelaska­n bahwa ketika ingin mengambil foto bawah laut, fotografer harus memiliki lisensi menyelam bawah laut. Caranya adalah mengikuti pelatihan dari instruktur khusus. Akan diberikan teori, teknik dasar, hingga menyelam dengan kedalaman tertentu.

 ?? HANAA SEPTIANA/JAWA POS ?? BAGI TIP: Deddy Satrio memberikan workshop untuk mereka yang tertarik mengambil gambar di bawah laut pada Senin malam (13/1).
HANAA SEPTIANA/JAWA POS BAGI TIP: Deddy Satrio memberikan workshop untuk mereka yang tertarik mengambil gambar di bawah laut pada Senin malam (13/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia