Jawa Pos

POSS Siapkan Konser Orkestra

-

SURABAYA, Jawa Pos – Alunan lagu daerah Padang Bulan dari sebuah biola terdengar di studio Pusat Olah Seni Surabaya (POSS) di Jalan Dharmawang­sa. Di sana ada dua orang yang tengah berlatih. Didampingi Heru Prasetyono sebagai mentor, mereka sedang mempersiap­kan konser orkestra untuk Maret.

Konser orkestra tersebut akan berlangsun­g di Gedung Kesenian Cak Durasim, Surabaya. POSS yang fokus pada biola bakal berkontrib­usi pada konser tersebut. Yakni, 25 pemain biola. Mayoritas pemainnya adalah pelajar dan mahasiswa. Mereka berlatih lebih sering mulai awal tahun ini.

Misalnya, Ocarina Alya Indraswari. Biasanya, dia hanya berlatih seminggu sekali. Kini dia berlatih hampir setiap hari. ’’Kebetulan lagi libur juga kuliahnya,’’ tutur mahasiswa Universita­s Negeri Surabaya itu. Sebelumnya, mereka tampil pada konser memperinga­ti hari kemerdekaa­n pada Agustus lalu. Ketika itu mereka membawakan lagu-lagu daerah dan nasional. Kali ini mereka akan membawakan enam hingga tujuh lagu.

Di antaranya, Padang Bulan, Keroncong Kemayoran, hingga Winter Game milik David Foster. Rata-rata tembang-tembang tersebut berdurasi 4–5 menit. Meski berbeda genre, semua lagu itu akan dibawakan dengan gaya biola klasik. ’’Kami ingin sedikit berbeda di konser kali ini,’’ kata Heru.

Lagu-lagu yang dibawakan tersebut memiliki tingkat kesulitan rendah hingga tinggi. Heru menganggap muridmurid­nya mampu dengan tantangan itu.

Bahkan ada yang baru berlatih biola enam bulan, tetapi sudah dianggap mampu. Ada pula yang sudah setahun berlatih, tetapi belum mampu.

Menurut Heru, kesulitan umum dalam memainkan biola adalah menghafalk­an not balok. Dia pun mengimbau murid-muridnya untuk konsisten berlatih. Terlebih, anak-anak usia sekolah kerap bosan dengan aktivitas itu. ’’Maka, hanya mengambil 25 orang yang kami anggap benar-benar mumpuni,’’ papar pria 50 tahun tersebut.

Heru menambahka­n bahwa pemain biola merupakan yang paling banyak dalam sebuah orkestra.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? LATIHAN: Heru Prasetyono (kiri) mendamping­i Ocarina dan Putri Mustika (kanan) di POSS Jalan Dharmawang­sa kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS LATIHAN: Heru Prasetyono (kiri) mendamping­i Ocarina dan Putri Mustika (kanan) di POSS Jalan Dharmawang­sa kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia