Jawa Pos

Incar Lawan yang Sepadan

Saat TC di Jogjakarta

-

JOGJAKARTA, Jawa Pos – Skuad Persebaya Surabaya sudah tiba di Jogjakarta kemarin siang (15/1). Mereka akan menjalani pemusatan latihan alias training center (TC) hingga 25 Januari. Latihan perdana akan dimulai hari ini.

Sayang, skuad yang diboyong tidak lengkap. Enam pemain belum bisa bergabung. Ernando Ari, Rizky Ridho, dan M. Supriadi mendapat panggilan timnas U-19. Osvaldo Haay mengurus tes CPNS di Jayapura. Dua pemain asing David da Silva dan Aryn Williams juga absen. Da Silva menjalani operasi di Brasil, sedangkan Aryn terkendala masalah paspor.

Meski begitu, Aji Santoso selaku pelatih Persebaya tetap menggelar TC. ”Saya memang ingin melakukan persiapan fisik, teknik, dan taktik. Kebetulan waktunya cukup panjang,” kata pelatih asal Kabupaten Malang tersebut.

Jika tim dirasa sudah oke,

Aji akan menggelar laga uji coba. ”Setidaknya ada tiga atau empat kali pertanding­an,” tambah mantan bek kiri Persebaya dan timnas itu. Lantas, siapa tim yang akan menjadi lawan Persebaya nanti? Aji sudah memberikan sinyal. ”Yang jelas kami akan melawan tim yang sepadan dengan kami,” ujarnya.

Jika menilik ucapan Aji, PSS Sleman menjadi kandidat terkuat mitra uji coba. Apalagi, PSS memang bermukim di Sleman yang tak jauh dari Jogjakarta. Tapi, saat ditanya kemungkina­n melawan PSS, Aji belum bisa memberikan bocoran. ”Pokoknya lawan tim yang selevel,” ucap dia.

Sinyal melawan PSS makin kuat lantaran Aji menampik rumor bahwa Persebaya akan menjajal mantan tim asuhannya, PSIM Jogjakarta. ”Nggak ada itu (melawan PSIM, Red),” tegasnya.

Belum Pikirkan Pengganti Osvaldo Aji Santoso sempat puas dengan komposisi lini depan Persebaya. Bahkan, kans untuk mendatangk­an pemain baru di posisi depan nyaris tertutup. Tapi, pelatih 49 tahun itu tampaknya mulai berubah pikiran.

Ada kemungkina­n bagi Green Force –julukan Persebaya– untuk merekrut pemain depan lagi. Khususnya di posisi sayap (winger). Itu tak terlepas dari masa depan Osvaldo Haay yang tak kunjung jelas di Persebaya. Hingga saat ini belum ada kepastian apakah pemain 22 tahun tersebut bertahan atau hengkang.

Memang saat ini stok pemain di posisi winger cukup melimpah. Selain Osvaldo, ada empat pemain yang juga merupakan winger. Mereka adalah Irfan Jaya, Supriadi, Oktafianus Fernando, dan Bayu Nugroho. Masalahnya, Persebaya mungkin tak bisa menggunaka­n jasa semua pemain itu. Sebab, pemain seperti Irfan atau Supriadi sangat berpeluang dipanggil timnas.

”Makanya, kami lihat nanti perkembang­annya seperti apa. Lagi pula, saya belum tahu apakah Osvaldo bertahan atau tidak,” kata Aji.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? TEMPA FISIK: Patrich Wanggai (tengah) berlatih di Lapangan Polda Jatim Selasa lalu (14/1).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS TEMPA FISIK: Patrich Wanggai (tengah) berlatih di Lapangan Polda Jatim Selasa lalu (14/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia