Jawa Pos

Agendakan Jajal Tim Piala Soeratin

Setelah Batal Lawan India

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Bukan hanya timnas U-19 yang mempersiap­kan tim. Kemarin timnas U-16 juga mulai melakukan training center (TC) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Total 24 pemain ambil bagian dalam TC tersebut.

Dua di antaranya adalah muka baru. Yakni, Viktor Benjamin dari PSM Makassar U-16 serta Febrian Arianto dari Madura United. ’’Dua pemain baru itu kami lihat dari scounting di Elite Pro Academy U-16 lalu,’’ ujar pelatih timnas U-16, Bima Sakti.

Rencananya, timnas U-16 tidak hanya melakoni TC di Sidoarjo. Sebelumnya, mereka juga mengagenda­kan uji tanding kontra India pada 23 Januari. Sayang, agenda tersebut harus tertunda.

’’Rencana ditunda bulan depan (Februari, Red) untuk lawan India. Mungkin kami akan lawan timnas negara lain satu lagi,’’ tutur Bima.

Namun, pelatih kelahiran Balikpapan

tersebut sudah menyiapkan plan lainnya. Garuda Asia akan melakoni uji tanding lawan salah satu tim Piala Soeratin.

Di sisi lain, itu bukan satusatuny­a TC yang akan dilakoni Athallah Araihan dkk. Bima Sakti juga sudah menyiapkan

TC ke luar negeri. Hanya, Bima Sakti belum memastikan negara yang akan dituju.

’’Kami ada agenda pada Juni– Juli. Rencananya, ada uji coba ke luar negeri. Uji coba internasio­nal itu sangat berpengaru­h dan dampaknya sangat bagus untuk tim. Artinya, ada kesempatan untuk menguji mental dan performa mereka,’’ ungkap pelatih berusia 43 tahun tersebut.

Sementara itu, meski masih TC perdana pada 2020, Bima langsung menjejali anak asuhnya dengan beberapa menu latihan. Dia tidak hanya fokus di fisik. Dia juga sudah mulai latihan minigame dan ditutup asah finishing.

’’Kami selalu agendakan latihan bagaimana organisasi bertahan. Baik individu maupun grup. Menyerang juga sama. Paling penting adalah transisi. Dari negatif ke positif,’’ kata Bima.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? MASIH LINCAH: Bima Sakti memberikan contoh cara menguasai bola dalam sesi latihan di Gelora Delta Sidoarjo.
DITE SURENDRA/JAWA POS MASIH LINCAH: Bima Sakti memberikan contoh cara menguasai bola dalam sesi latihan di Gelora Delta Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia