Jawa Pos

Energi Baru dari Pelatih Asing

-

JAKARTA – Ambisi tim putri Jakarta Pertamina Energi untuk merebut gelar Proliga 2019 tahun lalu gagal. Di final, mereka kalah oleh PGN Popsivo Polwan. Tahun ini, target yang sama dipancangk­an, dengan skuad yang dirombak total. Manajemen mengisi skuad dengan delapan pemain timnas SEA Games 2019. Plus seorang pelatih asal Azerbaijan.

Beberapa bintang yang ada di tim Pertamina, antara lain, Wilda Siti Nurfadilah Sugandi, Agustin Wulandhari, Ratri Wulandari, dan Asih Titi Pangestuti. Wilda, meski baru bergabung, sudah dipercaya menjadi kapten tim. ’’Saya optimistis jadi juara. Apa pun itu, jika kerja sama dan satu hati, kami pasti bisa. Voli kan olahraga tim,’’ tutur pemain dengan nomor punggung 17 tersebut.

Sementara itu, di kursi pelatih, ada Ziya Radjabov. Dia merupakan pelatih Anna Stepaniuk, open spiker asal Ukraina yang sudah bertahun-tahun jadi andalan Pertamina Energi. Tahun ini, Stepaniuk absen memperkuat Pertamina Energi lantaran masalah keluarga. Dia vakum dari voli. Karena itulah, Ziko –sapaan Radjabov– bersedia menangani tim Indonesia. Dia membawa spiker dari negaranya, Odina Aliyeva.

’’Punya delapan pemain nasional itu justru jadi tantangan bagi saya. Apalagi, waktu mepet untuk menyatukan latihan bersama tim. Baru seminggu ini kami bergabung latihan,’’ ucap Ziko di kantor Pertamina, Jakarta, kemarin (17/1).

Selama Stepaniuk bermain di Indonesia, Ziko mengamati seluruh pemain putri peserta Proliga. Dia bisa memetakan pesaingpes­aing yang berpotensi mengancam bagi timnya tahun ini. ’’Saya selalu melihat bagaimana pola permainan tim. Saya sudah mempelajar­i kelemahan lawan dan kelebihan lawan. Itu akan saya antisipasi,’’ ujar Ziko.

Di sisi lain, di tim putra juga ada perubahan. Namun, agak berkebalik­an dengan tim putri. Tahun lalu, masih ada beberapa pemain timnas yang memperkuat Pertamina Energi. Tahun ini, hanya tersisa Hernanda Zulfi.

Namun, di kursi pelatih, mereka punya legenda voli nasional Pascal Wilmar.

’’Memang komposisi tahun ini berbeda. Lebih banyak pemain muda di samping pemain senior. Makanya, kami cari pemain asing yang bagus supaya bisa berkolabor­asi dengan tim,’’ tutur Pascal. Pemain asing yang dimaksud adalah Jeffrey Paul Mezel. Pemain yang berposisi sebagai open spiker tersebut berasal dari Amerika Serikat.

Seluruh pemain Pertamina Energi berlatih sejak November di GOR Simprug, Jakarta Selatan. Tidak ada laga uji coba sebelum Proliga bergulir. Mereka hanya sering sparing antara tim putra dan putri.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? PERCAYA DIRI: Agung Seganti (kiri) dan Wilda Siti Nurfadilah (dua dari kanan) bersama jajaran direksi Pertamina dan manajemen Jakarta Pertamina Energi dalam perkenalan tim kemarin.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS PERCAYA DIRI: Agung Seganti (kiri) dan Wilda Siti Nurfadilah (dua dari kanan) bersama jajaran direksi Pertamina dan manajemen Jakarta Pertamina Energi dalam perkenalan tim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia