Jawa Pos

Mulai Mantapkan Koalisi Pekan Depan

-

SEJUMLAH partai mulai merancang strategi bersama untuk memenangka­n pemilihan wali kota (pilwali) 2020. Pekan depan beberapa partai mengadakan pertemuan untuk memantapka­n koalisi. Yang sudah pasti baru Gerindra dan PKB.

Ketua DPC PKB Surabaya Musyafak Ro’uf mengakui sudah menjadwalk­an pertemuan dengan Gerindra dan beberapa partai lain. Dia belum mau menyebutka­n partai mana saja. ”Sabar toh, Cak. Nanti pasti diumumkan. Tinggal menunggu tanggalnya,” ujarnya kemarin (17/1).

Menurut Musyafak, rencana untuk membentuk koalisi besar pasti terlaksana. Tinggal menunggu kepastian dari partai-partai lain. Selain Gerindra, ada tiga partai yang sudah memberikan sinyal positif akan merapat.

Ketua DPRD Surabaya periode 2004–2009 itu mengklaim ada lima parpol dengan komposisi mencapai 21 kursi yang akan mengusung Machfud. Hal tersebut ditentukan dalam pertemuan dengan para ketua partai pekan depan.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Surabaya Bagio Fandi Sutadi mengakui sudah diajak berkomunik­asi oleh partai-partai terkait koalisi. Termasuk PKB yang cukup intens. ”Kalau visinya sama, mengapa tidak?” ucapnya.

Pria yang pernah maju sebagai calon wali kota pada 2010 itu mengatakan, akhir bulan ini akan ada deklarasi bersama beberapa partai untuk mengusung satu calon. Nah, sebelum itu terlaksana, tentu harus ada pertemuan untuk membahas sosok yang akan diusung.

Di Gerindra, sudah ada nama Machfud Arifin yang menduduki peringkat pertama dalam proses penjaringa­n bakal calon wali kota (bacawali). Namun, Sutadi belum mau memberikan jawaban tegas apakah rekomendas­i itu nanti untuk Machfud.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia