Jawa Pos

Pekan Depan Pengerjaan Crossing Pipa

Ada Penyempita­n Jalan di Sekitar Bundaran PTC

-

SURABAYA, Jawa Pos – Penanaman pipa SPAM Umbulan di Jalan Mayjen Yonosuwoyo kembali berlanjut. Kini pengerjaan dilangsung­kan tepat di sisi timur boezem bundaran PTC. Untuk menghindar­i halhal yang tidak diinginkan di sekitar area pengerjaan, sisi timur bundaran tersebut ditutup kemarin (17/1).

Project Manager PT Meta Adhya Tirta Umbulan Wilayah Waru–Surabaya Barat Ari Mulyantono menyatakan, pekerjaan di bundaran tersebut tidak memakan waktu lama. Sebab, pekerja hanya menanam 2–3 pipa. Pipa tersebut dipasang untuk mengoneksi­kan ujung pipa dari arah Unesa dan yang kini dipasang di dalam kawasan Graha Famili.

Nah, ujung pipa di bundaran Pakuwon nanti dipasang crossing Jalan Mayjen Yonosuwoyo ke timur tembus Jalan Graha Bukit Darmo hingga Graha Famili. Selama pengerjaan crossing, satu lajur Jalan Yonosuwoyo ditutup. ’’Tidak akan ditutup total,’’ ujarnya.

Sebab, pipa ditanam separo lebih dulu di lajur jalan paling kanan. Dengan begitu, lajur timur atau lajur kiri tetap bisa dilalui kendaraan. Nah, setelah penanaman bagian pertama selesai, sisa galian langsung ditutup agar bisa langsung dilewati kendaraan. Kemudian, penanaman pipa di bagian kedua dilanjutka­n. Ari menambahka­n, target pengerjaan berlangsun­g sepekan mendatang. ’’Lalu dilanjutka­n perbaikan jalan, estimasi sepekan juga,’’ tambah Ari.

Teknik pengerjaan tersebut berdasar keputusan bersama dalam rapat yang dihadiri berbagai pihak. Termasuk pengembang, dishub, dan kepolisian. Karena itu, selain petugas proyek, personel kepolisian serta dinas perhubunga­n ikut mengatur lalu lintas. ’’Polisi dan dishub siap turun tangan jika terjadi kemacetan. Pagi dan sore saat jam sibuk kami minta bantuan petugas,’’ tutur Ari.

Ari menambahka­n, jika memungkink­an, pengendara sebaiknya menggunaka­n jalur alternatif selama pengerjaan berlangsun­g. ’’Kami minta maaf jika arus lalu lintas agak terganggu. Harap dimaklumi karena proyek ini juga untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Surabaya,’’ paparnya.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? SATU SISI DITUTUP: Imbas penanaman pipa SPAM Umbulan di sisi timur boezem bundaran PTC. Estimasi penutupan satu pekan, dilanjutka­n pemasangan crossing pipa.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS SATU SISI DITUTUP: Imbas penanaman pipa SPAM Umbulan di sisi timur boezem bundaran PTC. Estimasi penutupan satu pekan, dilanjutka­n pemasangan crossing pipa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia