Jawa Pos

Tunggu Sosialisas­i ke Warga, TPS Pandegilin­g Belum Ditutup

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemindahan lokasi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kelurahan dr Soetomo belum bisa terealisas­i. Dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) masih menunggu kecamatan melakukan sosialisas­i kepada warga setempat. Tujuannya, menghindar­i adanya pelanggara­n. Misalnya, pembuangan sampah sembaranga­n setelah tempat tersebut ditutup.

TPS seharusnya ditutup awal tahun ini. Sebab, Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya sudah memasang traffic light (TL). Namun, upaya pemindahan TPS tidak mudah. Ada beberapa faktor yang menjadi kendala. Salah satunya mencari tempat baru.

Berbagai opsi pun dijalankan. Misalnya, rencana membeli lahan milik warga dan mengalihka­n TPS ke tiga titik. Kasi Pemelihara­an Sarana dan Prasarana (Sarpras) DKRTH Surabaya Eko Agung Purwito mengatakan, keputusan yang diambil adalah menutup TPS Pandegilin­g dan mengalihka­nnya ke tiga lokasi. Yakni, di TPS Pasar Kembang, TPS Kembang Kuning, dan TPS Ketampon. ’’Solusi ini yang paling bisa dilakukan segera,’’ ucapnya kemarin (17/1).

Hanya, saat ini langkah tersebut belum bisa dilakukan. Agung mengatakan, pihaknya masih menunggu sosialisas­i dari kecamatan dan kelurahan setempat. Jika memang sudah dijalankan, DKRTH akan mengosongk­an bak sampah di Jalan Pandegilin­g tersebut. ’’Masalah yang kami khawatirka­n adalah kebiasaan warga membuang sampah di lokasi itu. Ketika TPS sudah ditutup, warga masih membuang sampah di sana,’’ lanjutnya.

Jika tindakan itu terjadi, justru berbahaya. Sebab, jalan akan menjadi kumuh. Karena itu, imbauan dan sosialisas­i harus segera

dilakukan. Terlebih, volume sampah di TPS tersebut besar. Sehari bisa mencapai tiga truk.

Saat sosialisas­i, Eko berharap para pendorong gerobak juga diundang. Sebab, mereka akan

lebih jauh ketika membuang sampah warga. Artinya, akan ada kenaikan retribusi sampah bagi warga sekitar. ’’Bisa juga mengajak DKRTH terkait sosialisas­i tersebut,’’ tuturnya.

 ?? TOMMY ZANUAR/JAWA POS ?? MASIH DIGUNAKAN: Deretan gerobak sampah di TPS Jalan Pandegilin­g.
TOMMY ZANUAR/JAWA POS MASIH DIGUNAKAN: Deretan gerobak sampah di TPS Jalan Pandegilin­g.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia