Jawa Pos

Bukannya Tidak Belajar Sama Sekali

-

SUDAH lima all-Indonesian final yang berlangsun­g sejak IndonesiaM­asters2019.Hasilnya selalusama.MarcusFern­aldiGideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengalahka­nMohammadA­hsan/ Hendra Setiawan. Kemarin pun tidakadaya­ngberubah.Marcus/ Kevin jadi juara setelah menang 21-15,21-16dalamset­engahjam.

Hasil itu menambah panjang rekor kekalahan Ahsan/Hendra di tangan pasangan nomor satu dunia tersebut. Duo Daddies –sebutan Ahsan/Hendra– makin inferior dengan skor headto-head 2-11.

’’Hari ini mereka (Marcus/Kevin,

Red) memang bermain bagus,’’ kata Hendra legawa. ’’Dari game pertama, kami sudah sempat leading. Cuma, mereka bisa mengantisi­pasi balik. Jadi, mereka bisa menang. Kami berusaha ubah pola mainnya, tapi beberapa poin masih terburu-buru,’’ lanjut pemain 35 tahun itu.

Berkali-kali bertemu Minions (sebutanMar­cus/Kevin),mengapaThe­Daddiessel­alukesulit­an? Apakah mereka belum berhasil menemukan formula yang pas untukmenga­lahkansang­junior? Tidakjuga.Ahsan/Hendraseja­tinya sudahtahuc­aranya.Strategite­lah disusun.Namun,apayangmer­eka rencanakan­selaludime­ntahkan.

’’Kami sudah coba semua strategi. Bukannya kalah, lalu diam saja. Kami lihat juga dari lawanlawan yang pernah ngalahin Marcus/Kevin seperti apa,’’ ungkap Ahsan. ’’Tapi, kan kenyataan di lapangan berbeda. Kami akan terus coba lagi,’’ lanjutnya.

’’Mungkin mereka lebih komplet dibandingk­an pasanganpa­sangan yang lain. Memang, mereka masih pasangan yang terbaik. Dari segi speed dan power, kami sudah ketinggala­n,’’ imbuh Hendra.

Itu benar-benar terlihat kemarin. Ahsan/Hendra bisa unggul sebentar di awal game pertama. Sebab, mereka bisa menjaga tempo laga tetap lambat. Tapi, begitu Minions meningkatk­an ritme, selesai sudah.

Di sisi lain, Marcus/Kevin mengungkap­kan, gelar kali ini diraih berkat konsistens­i. ’’Game kedua, mereka bangkit dan mau menyusul. Tapi, kami bisa antisipasi,’’ ungkap Kevin.

’’Merekakan lebih senior, punya banyak pengalaman. Kalau dibiarkan, langsung bisa mengejar poin banyak. Makanya kami jaga konsistens­i supaya mereka nggak bisa lepas dari tekanan kami,’’ imbuhnya.

 ?? HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS ?? DI SINI AJA: M. Ahsan (kiri) meminta anaknya, King, turun dari podium juara. Dia dan Hendra Setiawan kembali kalah oleh Marcus F. Gideon/Kevin S. Sukamuljo.
HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS DI SINI AJA: M. Ahsan (kiri) meminta anaknya, King, turun dari podium juara. Dia dan Hendra Setiawan kembali kalah oleh Marcus F. Gideon/Kevin S. Sukamuljo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia