Jawa Pos

Mobil Bisa Melintasi Yos Sudarso Akhir Februari

-

SURABAYA, Jawa Pos – Jalan Yos Sudarso sisi timur tidak lama lagi dibuka. Pengendara motor atau mobil bisa melintas di sana. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) merencanak­an akses tersebut mulai bisa dilewati pada akhir Februari.

Pembukaan Jalan Yos Sudarso sebenarnya dimulai akhir tahun lalu. Namun, saat ini yang bisa melintas hanya pejalan kaki dan pesepeda. Motor dan kendaraan belum diperboleh­kan. Karena itu, beberapa bollard dipasang untuk menghadang pengendara motor.

Kabid Bangunan Gedung DPRKP CKTR Iman Krestian menyatakan, jalan sisi timur akan dibuka akhir Februari sehingga motor dan mobil yang mengarah ke gedung DPRD bisa melintas. ’’Kami upayakan separo jalan itu bisa segera dibuka,’’ ucapnya.

Dia menjelaska­n, nanti sisi timur dibuka menjadi dua lajur atau sekitar 8 meter. Dengan begitu, kalaupun ada motor dan mobil, pengendara tidak perlu repot mencari jalan alternatif. Sementara itu, jalur sisi barat belum dibuka sepenuhnya

Pengendara dari Taman Apsari yang hendak ke DPRD tetap mencari jalan lain.

Iman menuturkan, jalur tersebut belum dibuka lantaran proyek masih difokuskan ke basement. Di samping itu, jalan tersebut dipakai untuk mobilisasi proyek. Sebab, alat berat dan sebagainya masih berada di titik tersebut. ’’Jadi, kami belum bisa akses itu karena masih diperlukan untuk pengerjaan,’’ terangnya.

Progres penggarapa­n basement, kata Iman, mencapai 40 persen.

Dengan demikian, akhir tahun nanti pembanguna­nnya sudah rampung. Dia menambahka­n, sebelum lajur timur dibuka, nanti ada penyesuaia­n. Yakni, membereska­n bollard di sana sehingga semuanya berjalan lancar ketika dibuka.

Iman menuturkan, kawasan alun-alun Yos Sudarso bakal dikonsep terintegra­si dengan pelayanan publik. Sudah ada bangunan bekas rumah dokter yang kini dibeli pemkot. Tepatnya berada di sekitar Yos Sudarso atau depan pintu masuk Balai Pemuda.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? RENCANA DIFUNGSIKA­N: Akhir Februari jalur sisi timur bakal dibuka untuk pengendara motor dan mobil.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS RENCANA DIFUNGSIKA­N: Akhir Februari jalur sisi timur bakal dibuka untuk pengendara motor dan mobil.
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? RAMPUNG SEBAGIAN: Pejalan kaki dan pesepeda bisa melewati Yos Sudarso sisi barat.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS RAMPUNG SEBAGIAN: Pejalan kaki dan pesepeda bisa melewati Yos Sudarso sisi barat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia