Jawa Pos

Bersihkan Ratusan Rupang

-

SURABAYA, Jawa Pos – Warga Tionghoa mulai menyiapkan perayaan Tahun Baru Imlek. Salah satu yang mereka lakukan saat ini adalah membersihk­an kiemsien (rupang) di kelenteng.

Aktivitas itu terlihat di Kelenteng Hong San Ko Tee. Ada sekitar 100 rupang atau patung dewa yang dibersihka­n kemarin pagi (19/1). Mulai yang terbuat dari kayu hingga keramik. ’’Ini kegiatan wajib sebelum perayaan Imlek,’’ jelas Sudiman, pengurus Kelenteng Hong San Ko Tee di Jalan Cokroamino­to

Setiap rupang dibersihka­n dengan cara berbeda. Bergantung bahannya. Misalnya, rupang yang terbuat dari kayu dibersihka­n dengan menggunaka­n air teh tawar hangat. Sebab, teh dipercaya bisa menghilang­kan kandungan minyak. Saat pembersiha­n rupang yang terbuat dari keramik, airnya bisa diberi sedikit cairan sabun.

Nah, setelah dibersihka­n dari kotoran, rupang tersebut disirami bunga mawar dan melati. Penggunaan bunga melati dan mawar ini merupakan proses akulturasi budaya antara Tiongkok dan Jawa.

Menurut dia, secara spiritual orang yang membersihk­an rupang juga membersihk­an pribadinya. Bukan hanya rupang, semua ornamen juga dibersihka­n. Sebab, dalam tradisi Imlek, semuanya harus kelihatan baru. ’’Total, ada 20 kamar dan pengurus yang ikut membersihk­an rupang,’’ terangnya.

Mereka yang membersihk­an juga punya ritual khusus. Salah satunya, sehari sebelum hari pembersiha­n, mereka dilarang memakan daging. Mereka baru diperboleh­kan makan daging pada sore pasca pembersiha­n.

Salah seorang jemaat Kelenteng Hong San Ko Tee, Gunawan, mengungkap­kan, seminggu sebelum Imlek, para dewa naik ke nirwana. ’’Saat itulah rupang harus dicuci. Sebab, rupang yang sudah dibersihka­n itu akan menerima dewa,’’ ungkapnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? UNTUK PERAYAAN: Jemaat diharuskan puasa daging selama semalam sebelum prosesi pembersiha­n rupang.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS UNTUK PERAYAAN: Jemaat diharuskan puasa daging selama semalam sebelum prosesi pembersiha­n rupang.
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? SIAP-SIAP: Salah seorang jemaat Kelenteng Hong San Ko Tee di Jalan Cokroamino­to sedang membersihk­an rupang dalam rangka persiapan Imlek pekan depan.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS SIAP-SIAP: Salah seorang jemaat Kelenteng Hong San Ko Tee di Jalan Cokroamino­to sedang membersihk­an rupang dalam rangka persiapan Imlek pekan depan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia