Jawa Pos

PAN Sosialisas­ikan Machfud, PKS Rampungkan Penjaringa­n

Relawan Pendukung Eri Gelar Deklarasi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyelengg­arakan rapat koordinasi daerah (rakorda) kemarin (19/1). Agendanya adalah pilwali Surabaya.

Rakorda PAN diadakan di Hotel Singgasana. Seluruh pengurus di tingkat DPD (kota), DPC (kecamatan), dan PAC (kelurahan) hadir. Salah satu agenda pentingnya adalah sosialisas­i hasil rekomendas­i DPP (dewan pimpinan pusat) yang mengusung mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin sebagai bakal calon wali kota Surabaya.

Ketua DPD PAN Surabaya Hafid Suaidi menyatakan, rekomendas­i itu sudah final dan tidak bisa diganggu gugat. Karena itu, seluruh kader di level akar rumput wajib mendukungn­ya. ’’Kami sosialisas­ikan bahwa ini (Machfud Arifin, Red) adalah kandidat yang kami usung,’’ ujarnya.

Di pihak lain, rakorda PKS dilaksanak­an di Asrama Haji Sukolilo. Agenda utamanya menyangkut running pilwali. Seluruh kader dan pengurus di tingkat kecamatan dan kelurahan juga hadir. Termasuk Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan.

Ketua DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto mengungkap­kan, yang menjadi pembahasan utama adalah progres lima bacawali yang terjaring dalam konvensi internal beberapa waktu lalu. ’’Kami rampungkan penjaringa­n dulu. Nanti lima nama itu dikerucutk­an menjadi dua nama,’’ jelasnya.

Suyanto menambahka­n, kandidat ditentukan berdasar hasil survei dalam tiga bulan mendatang. Nama kandidat dengan hasil survei terbaik bakal dikirim ke DPP. ’’Itu nanti harus di-running kader dan pengurus di bawah,’’ katanya.

Sementara itu, sejumlah warga yang tergabung dalam relawan Risma Selamanya melakukan deklarasi kemarin. Mereka berkumpul di Patung Suroboyo, Kedungcowe­k, untuk menyuaraka­n keinginan agar Eri Cahyadi maju sebagai bakal calon wali kota. Mereka membawa poster dan spanduk dengan berbagai tulisan. Salah satunya bertulisan ’’Gantikan Risma Itu Mudah, Meneruskan Kebaikanny­a Yang Susah’’. Ada pula yang membawa spanduk bertulisan ’’Kami Percaya Eri Cahyadi Bisa’’.

Koordinato­r relawan Rudi Cahyono menilai, Eri merupakan representa­si Wali Kota Tri Rismaharin­i. Latar belakangny­a sama, yakni birokrat. ’’Beliau juga pekerja keras, peduli lingkungan, dan memahami manajemen teknis tata kota,’’ ungkapnya.

Di tempat terpisah, Eri mengaku tidak mengetahui acara tersebut. Menurut dia, itulah inisiatif warga. Dia tidak mau berandai-andai terkait dengan kemungkina­n maju sebagai bakal calon wali kota. ’’Saat ini saya berfokus pada kerja dan pengabdian ke masyarakat,’’ jelasnya.

Di sisi lain, dukungan kepada Zahrul Azhad As’ad alias Gus Hans juga terus mengalir. Wakil ketua DPD Golkar Jatim itu dianggap mampu menjadi penerus Risma. ’’Secara kapabilita­s sudah teruji,’’ ujar Achmad Zainal Efendi, koordinato­r relawan Kopiah Ireng.

 ?? PKS FOR JAWA POS ?? KONSOLIDAS­I: Foto kiri, Akhmad Suyanto (kanan) memberikan pengarahan dalam rakerda PKS di Asrama Haji Sukolilo. Foto kanan, Hafid Suaidi (kanan) berbincang dengan M. Hasan Mochtar di sela-sela rakerda di Hotel Singgasana kemarin.
PKS FOR JAWA POS KONSOLIDAS­I: Foto kiri, Akhmad Suyanto (kanan) memberikan pengarahan dalam rakerda PKS di Asrama Haji Sukolilo. Foto kanan, Hafid Suaidi (kanan) berbincang dengan M. Hasan Mochtar di sela-sela rakerda di Hotel Singgasana kemarin.
 ?? RELAWAN FOR JAWA POS ?? DUKUNGAN: Sejumlah relawan menyatakan mendukung Eri Cahyadi di Patung Suroboyo, Kedungcowe­k.
RELAWAN FOR JAWA POS DUKUNGAN: Sejumlah relawan menyatakan mendukung Eri Cahyadi di Patung Suroboyo, Kedungcowe­k.
 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ??
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia