Jawa Pos

Taman Keputih Capai 65 Hektare

Bisa Menjadi Taman Terbesar di Dunia

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengembang­an ruang terbuka hijau (RTH) di eks TPA Keputih terus berlangsun­g. Pemkot menargetka­n luas area itu mencapai 65 hektare. Kemarin (19/1) Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i memantau langsung ke salah satu lokasi taman yang sedang digarap.

Eks TPA Keputih kini sudah berubah menjadi ruang publik. Di sana ada tiga taman yang pembanguna­nnya terus dikebut. Yakni Taman Harmoni, Taman Kreatif eks insinerato­r, serta terakhir Taman PUPR bantuan dari Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Saat memantau pengerjaan

Taman PUPR, Risma (sapaan Tri Rismaharin­i) memberikan banyak masukan soal penambahan fasilitas. ”Taman di sini akan menjadi yang terbesar di dunia. Mencapai 65 hektare,” katanya di sela kunjungan kemarin.

Risma juga menginstru­ksikan agar sampah-sampah plastik yang masih terpendam bisa diambil. Plastik itu dikumpulka­n dan dipres. ”Nanti bisa dipakai untuk gasifikasi,” tuturnya.

Saat ini pengerjaan tiga lokasi tersebut terus berlangsun­g. Menyesuaik­an dengan anggaran yang dimiliki pemkot. Kemarin 500 batang pohon tabebuya ditanam di Taman Harmoni. Tanaman itu donasi dari para pencinta sepeda.

Untuk Taman PUPR, pembanguna­n sudah masuk tahap keempat. Ada boezem mini di tengah taman. Selain memperinda­h lokasi, pompa air itu bisa menjadi penampung air. Sebab, air tanah di kawasan tersebut payau. Padahal, kebutuhan penyiraman cukup besar. Disiapkan juga sebuah rumah panggung yang berdiri di dekat boezem.

”Sekarang masih pengajuan ke Kementeria­n PUPR, apa saja yang perlu ditambah di sana,” kata Kepala UPT Taman Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Pramudita Yustiani.

Dita –sapaannya– menambahka­n, instansiny­a tinggal melaksanak­an penanaman. Sama seperti taman lain, konsepnya dibuat sebagai taman berbunga. Dengan berbagai jenis pohon kembang. ”Memang untuk Taman PUPR pembanguna­n fisik ikut PUPR. Tapi, penanaman pohon menjadi tanggung jawab pemkot,” paparnya.

Taman Harmoni, Taman Kreatif, dan Taman PUPR akan dilengkapi akses penghubung. Di Taman Kreatif akan dibangun jembatan layang. Jogging track layang itu tersambung ke Taman Harmoni. Rencananya digarap tahun ini juga.

Untuk akses antara Taman Harmoni dan PUPR, ada jalan khusus. Melewati perkampung­an yang membelah dua titik itu. ”Saat ini prosesnya masih tahap feasibilit­y study. Lahannya juga belum dibebaskan,” jelas Dita.

 ?? DIMAS MAULANA/JAWA POS ?? BERI MASUKAN: Wali Kota Tri Rismaharin­i memantau langsung progres pembanguna­n taman di bekas TPA Keputih kemarin.
DIMAS MAULANA/JAWA POS BERI MASUKAN: Wali Kota Tri Rismaharin­i memantau langsung progres pembanguna­n taman di bekas TPA Keputih kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia