Jawa Pos

Bebaskan Sungai Sinir dan Buntung

Dari Tumpukan Sampah sampai Enceng Gondok

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Ulah brutal pembuang sampah sembaranga­n mencemaska­n warga Desa Waru. Limbah rumah tangga, baik organik maupun nonorganik, memenuhi Sungai Sinir sehingga rawan banjir. Terutama kawasan RW 3 dan 4. Baunya luar biasa busuk.

Kemarin (19/1) permukaan Sungai Sinir tertutup enceng gondok. Di sela-selanya tampak kantong plastik, sandal, dan kardus bekas berjejalan. Bahkan, kasur bekas pun mengambang di sana.

”Kiriman sampah itu dari wilayah barat. Hulu,” kata Ketua RW 4 Syamsul Huda. Warga sekitar, lanjut Huda, telah berkali-kali membersihk­an sungai. Mereka membuat rakit dari tong. Tujuannya, mendorong tumpukan sampah agar hanyut ke hilir sungai. ”Memakan tenaga. Eh, besoknya datang lagi kiriman sampah,” katanya.

Pemandanga­n serupa terlihat di Sungai Buntung, Desa Kedungrejo,

Waru. Di lokasi dekat flyover Waru itu ditemukan tumpukan sampah masuk sungai. Terutama gabus dan batang pohon.

Camat Waru Fredik Suharto mengatakan, masalah sampah sungai tak ada habisnya di Sungai Sinir dan Buntung. Dua sungai itu titik penumpukan sampah kiriman dari wilayah lain di barat. ”Sering pembersiha­n. Tapi ya begitu. Kiriman selalu ada lagi,” ujarnya.

Kecamatan telah mengajak setiap desa membuat satgas lingkungan.

Fungsinya membersihk­an sungai. ”Besok (hari ini, Red) ada kerja bakti dari provinsi,” katanya.

Menurut Fredik, kegiatan kerja bakti sangat bagus. Namun, pembersiha­n akan bersifat sementara. Kendala utama berada pada utilitas dan sarana penyeberan­gan yang terlalu rendah. Akibatnya, kalau sungai meluap, aliran terhambat. ”Saya sudah berkomunik­asi kepada pihak yang berwenang. Semoga segera mendapat perhatian,” ujarnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? TIDAK BERTANGGUN­G JAWAB: Sampah-sampah yang dibuang sembaranga­n ke sungai menutup permukaan Kali Buntung di kawasan Waru kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS TIDAK BERTANGGUN­G JAWAB: Sampah-sampah yang dibuang sembaranga­n ke sungai menutup permukaan Kali Buntung di kawasan Waru kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia