Jawa Pos

Libur Imlek pun Buka

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Ini kado spesial. Menjelang dan setelah peringatan Hari Jadi Ke-161 Kabupaten Sidoarjo, Dispendukc­apil Sidoarjo membuka layanan khusus setiap Sabtu. Mulai 18 dan 25 Januari, lalu 1, 8, 15, 22, dan 29 Februari. Buka pagi sampai siang.

Pelayanan istimewa tersebut hanya berlangsun­g di Kantor Dispendukc­apil Sidoarjo Jalan Sultan Agung No 23. Sementara itu, pelayanan di MPP tetap libur. Pada Sabtu (18/1) pukul 08.00–12.00, 220 orang terlihat memanfaatk­an waktu layanan tersebut. Pada tanggal merah libur Imlek pun, Sabtu (25/1), layanan tetap buka.

Mengapa perlu buka Sabtu? Sebab, pemohon pada hari-hari biasa selalu membeludak. ’’Rata-rata per hari di kantor dispendukc­apil bisa 500 orang. Di MPP (Mal Pelayanan Publik) bisa 200-an,’’ kata Plt Kepala Dispendukc­apil Reddy Kusuma kemarin.

Semua permohonan bisa dilayani. Baik pengurusan akta kelahiran, akta kematian, perekaman KTP, kartu identitas anak (KIA), akta perkawinan dan akta perceraian, sampai surat keterangan pindah dari Sidoarjo. Mereka tetap bisa memproses kebutuhan dokumen kependuduk­an tersebut.

’’Pelayanan ini untuk seluruh kecamatan di Sidoarjo,’’ katanya. Reddy berharap layanan tersebut bisa dimanfaatk­an dengan optimal. Sebab, pada Maret layanan kembali seperti biasa. Hanya Senin sampai Jumat.

Kabid Pengelolaa­n Informasi Administra­si Kependuduk­an (PIAK) Dispendukc­apil Sidoarjo Bambang Purnomo menambahka­n, setiap menyambut peringatan Hari Jadi Sidoarjo, setiap 31 Januari, pada tahun-tahun sebelumnya. ’’Tahun ini, semua layanan buka,’’ katanya.

 ?? GRAFIS: RIZKY/JAWA POS ??
GRAFIS: RIZKY/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia