Jawa Pos

Fokus Tumbuhkan Penjualan Dalam Negeri

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pasar kosmetik dalam negeri stagnan tahun ini. Kondisi tersebut terjadi akibat dampak gejolak perekonomi­an global tahun lalu yang belum berlalu. Karena itu, brand kosmetik Surabaya, Viva Cosmetics, tidak mau mulukmuluk pasang target. Sampai akhir 2020, perusahaan akan fokus pada pasar domestik.

Direktur PT Moga Djaja Yusuf Wiharto menegaskan, meski pasar stagnan, dirinya optimistis angka penjualan tetap tumbuh. Sebagai distributo­r utama Viva di wilayah Indonesia Timur, dia menerapkan sejumlah strategi untuk menggenjot penjualan. Di antaranya, meluncurka­n produk-produk baru dan konsisten menerapkan prinsip 3MU.

’’Kami masih eksis sampai sekarang karena konsisten menjalanka­n 3MU. Mutu yang baik, murah harganya, dan mudah didapatkan di mana-mana,’’ paparnya kemarin (20/1). Distribusi, menurut Yusuf, tetap menjadi konsentras­i utama perusahaan­nya. Dia ingin konsumen di seluruh daerah bisa mendapatka­n produk-produk Viva dengan mudah.

Hingga kini, Viva Cosmetic sudah memiliki sekitar 600 stock keeping unit (SKU). Terdiri atas skincare, daily care, make-up dekoratif, dan masih banyak lagi. Yusuf mengatakan bahwa make-up dekoratif seperti lipstik, pemulas mata, dan bedak masih akan menjadi primadona. ’’Kami rasa produk itu akan tetap mendominas­i permintaan pasar untuk brand Viva ke depannya. Setelah itu baru skincare,’’ katanya.

Pada 2020, Viva fokus memperkuat pasar domestik. Sebab, konsumsi per kapita produk kosmetik di tanah air masih rendah. Artinya, potensi untuk tumbuh masih sangat besar. ’’Sampai sekarang kami memang belum berorienta­si ekspor. Wilayah yang paling tinggi untuk penjualan Viva adalah Jawa. Disusul Bali dan Kalimantan,’’ paparnya.

Secara terpisah, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia (Perkosmi) Sancoyo Antarikso mengatakan bahwa tahun ini konsumen akan menggandru­ngi produk perawatan kulit, perawatan wajah, dan color cosmetics. ’’Wanita milenial kini semakin modern. Mereka selalu menjadikan penampilan sebagai faktor utama. Makanya, kami akan rajin inovasi produk,’’ paparnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? PERKUAT PASAR DOMESTIK: Pekerja mengawasi proses produksi kosmetik di pabrik Vivapharm, Surabaya, beberapa waktu lalu.
FRIZAL/JAWA POS PERKUAT PASAR DOMESTIK: Pekerja mengawasi proses produksi kosmetik di pabrik Vivapharm, Surabaya, beberapa waktu lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia