Jawa Pos

Bersiap Sambut Tahun Baru Imlek

-

GRESIK, Jawa Pos – Kesibukan umat Tridarma makin terasa menjelang perayaan Tahun Baru Imlek pada Jumat (25/1). Puluhan warga Tionghoa belakangan aktif membersihk­an Tempat Ibadat Tridharma (TITD) Kim Hin Kiong di Jalan Setiabudi.

Bersih-bersih dan pembenahan interior tempat rupang di altar utama itu dipimpin langsung oleh Ketua TITD Kim Hin Kiong Edi Prasetya Tejo. Beberapa pengurus lain tampak mengganti baju rupang dewa. Salah satu rupang dewa yang disucikan adalah YM Makco Thian San Seng boo (Dewi Pelindung Lautan atau Samudra).

Ada pula yang membersihk­an altar serta memandikan hingga mengganti baju rupang dewa di kelenteng yang berdiri sejak 1 Agustus 1153 Masehi atau 867 tahun silam tersebut. ’’Semua rupang dewa memakai baju baru. Ritual ini tiap tahun selalu berganti,’’ kata Edi Prasetya Tejo.

Menurut dia, baju untuk rupang dewa yang mencapai ratusan tersebut merupakan sumbangan umat Tridarma. ’’Bantuan baju rupang dewa sudah tersedia hingga 2022,’’ jelasnya.

Tepat pukul 00.00 pada Jumat nanti (25/1), lanjut Edi, pihaknya melaksanak­an sembahyang Imlek. Ritual itu biasanya diikuti ratusan umat Tridarma. Mereka tidak hanya datang dari Gresik, tapi juga beberapa daerah di Jatim.

Edi menambahka­n, tidak ada kegiatan hura-hura dalam menyambut Imlek. ’’Kami hanya sembahyang dan berdoa kepada dewa. Setelah itu pulang,’’ ujarnya.

Kemudian, Selasa (28/1) sekitar pukul 21.00, pihaknya akan melaksanak­an ritual sembahyang untuk menyambut kedatangan dewa. Namun, puncaknya dilaksanak­an pada 1 Februari 2020 berupa sembahyang Cap Go Meh.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? PENGHORMAT­AN: Sejumlah warga Tionghoa membersihk­an Kelenteng Kim Hin Kiong untuk menyambut Imlek.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS PENGHORMAT­AN: Sejumlah warga Tionghoa membersihk­an Kelenteng Kim Hin Kiong untuk menyambut Imlek.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia