Jawa Pos

Tonggak Barongsai Awali Perayaan Imlek

-

SURABAYA, Jawa Pos – Irama musik kesenian barongsai bergema di Main Atrium Grand City Mall Minggu malam (19/1). Di depan panggung telah tersedia 20 tonggak dengan tinggi mulai 1 sampai 2 meter. Tak berselang lama, tiga barongsai melakukan atraksi di atas tonggakton­ggak tersebut. Para pengunjung refleks bertepuk tangan saat melihat atraksi mendebarka­n itu. Barongsai Tonggak Performanc­e menandai rangkaian awal perayaan Imlek di pusat perbelanja­an tersebut.

Di sela-sela atraksi, barongsai itu mengajak pengunjung untuk berinterak­si. Mereka membagibag­ikan jeruk dan angpao. Sontak para pengunjung mendekat ke arah panggung dan memperebut­kannya. Tak sedikit di antara mereka yang mengajak barongsai untuk berswafoto. Tiga barongsai kembali menunjukka­n atraksi di atas tonggak dan panggung utama. Pertunjuka­n tersebut berlangsun­g selama 45 menit dan sukses membuat penonton bertepuk tangan panjang.

Barongsai Tonggak Performanc­e

itu berasal dari Perkumpula­n Surya Naga Surabaya. Menurut Manajer Tim Surya Naga Jimmy, atraksi tonggak barongsai memiliki pesan tersendiri. Yakni, melihat sesuatu pada hal yang dibutuhkan saja. Tidak semuanya diambil dan dikonsumsi. ’’Misalnya, ketika makan sayur, kita hanya mengonsums­i daunnya, sisanya mungkin bisa dimanfaatk­an untuk makhluk hidup lain,” tutur Jimmy.

Melihat adegan naik tonggak yang cukup berbahaya, Jimmy membenarka­n bahwa para pemain membutuhka­n latihan khusus. Diperlukan waktu sekitar satu tahun agar bisa bermain di atas tonggak-tonggak.

Pihak penyelengg­ara Yuvit Ikhwanul Shafa mengapresi­asi penampilan mereka. Menurut dia, atraksi tonggak barongsai memang selalu dinantikan para pengunjung. ’’Kami ingin yang beda, bukan sekadar penampilan barongsai,” ucap assistant mana

ger marcomm Grand City Surabaya itu. Dia pun berharap pengunjung bisa mengambil pesan dari atraksi tersebut. (nas/c7/tia)

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? SUDAH LATIHAN: Salah satu barongsai dari Perkumpula­n Surya Naga Surabaya beraksi menaiki tonggak pada Minggu malam (19/1).
ALFIAN RIZAL/JAWA POS SUDAH LATIHAN: Salah satu barongsai dari Perkumpula­n Surya Naga Surabaya beraksi menaiki tonggak pada Minggu malam (19/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia