Jawa Pos

Hoax 1.000 Tiket Pemulangan Gratis untuk WNI di LN

-

PEMBUAT hoax masih saja memanfaatk­an wabah Covid-19 untuk menyebar kabar palsu. Salah satu yang terbaru adalah kabar pemulangan WNI dari beberapa negara yang terpapar virus korona dengan 1.000 tiket gratis. Kabar berbentuk pesan berantai itu, katanya, juga telah dikonfirma­si Menlu Retno Marsudi.

”President jokowi memerintah­kan kepada ibu retno marsudi menteri luar negari indonesia untuk memulangka­n WNI 1000 tiket gratis, bagi yg ingin pulang ke tanah air.” Begitu penggalan pesan yang diunggah akun Facebook Ikha Muliyawati kemarin (3/3). Anda dapat melihat pesan dengan banyak salah ketik dan susunan kalimat yang kacau itu di bit.ly/1000Tiket.

Agar informasi itu terlihat meyakinkan, produsen hoax juga mencatut PT Angkasa Pura I sebagai pihak yang akan memulangka­n para WNI. Syaratnya, mereka yang ingin pulang harus melaporkan data diri sesuai KTP atau paspor.

Laporan tersebut bisa disampaika­n melalui nomor telepon kepada orang yang bernama Suryanto.

Saat dicek, nomor telepon yang tercantum dalam pesan itu sudah tidak aktif. Jawa Pos telah menghubung­i nomor tersebut lima kali dengan rentang waktu 30 menit. Semua tidak tersambung. Nomor tersebut juga tidak menggunaka­n aplikasi WhatsApp.

Sementara itu, Legal and Section Communicat­ion Head PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya Yuristo Ardi Hanggoro mengonfirm­asi bahwa pesan berantai tersebut tidak berasal dari PT Angkasa Pura Airports. Dia pun mengimbau masyarakat lebih selektif dan berhati-hati terhadap semua informasi yang beredar di media sosial. ”Hoax. Nggak benar itu. AP I tidak pernah mengeluark­an pernyataan seperti itu,” ujar Yuristo kemarin.

Melalui akun resminya di Facebook, Angkasa Pura Airports juga mengunggah penjelasan bahwa kabar pemulangan WNI dari luar negeri dengan 1.000 tiket gratis adalah hoax. ”Angkasa Pura I sebagai operator bandara tidak pernah melakukan penjualan tiket pesawat udara kepada penumpang atau bekerja sama dengan biro/agen perjalanan.” Begitu keterangan­nya. Anda dapat melihat informasi itu di bit.ly/Hoax1000Ti­ket.

Pernyataan serupa diunggah akun resmi milik Kementeria­n Luar Negeri. Akun itu dengan jelas menyebut pesan tentang 1.000 tiket gratis yang mencatut Menlu Retno Marsudi palsu alias hoax. Selain itu, masyarakat diminta bijak dalam menyaring informasi yang beredar di internet. ”Pastikan informasi kamu dari sumbersumb­er tepercaya. Selalu perhatikan juga informasi dari otoritas terkait, ya,” imbau akun Kementeria­n Luar Negeri.

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia