Jawa Pos

Ganti High Five dengan Fist Bump

Demi Mencegah Persebaran Virus Korona

-

NEW YORK, Jawa Pos – Meski belum ada jadwal pertanding­an yang terganggu, NBA turut mewaspadai merebaknya virus korona atau Covid-19 yang sudah terdeteksi di sepuluh negara bagian Amerika Serikat (AS). Kemarin NBA mengirimka­n memo kepada setiap tim yang isinya langkah-langkah rekomendas­i untuk mencegah penularan virus tersebut.

Di antaranya, saran bagi para pemain untuk mengganti gerakan high five atau tos kepada fans yang mereka temui dengan fist bump seperti gerakan saling memukul. Hal itu lebih aman lantaran tidak terjadi sentuhan antarjari dan telapak tangan.

Orang yang bersentuha­n jari dengan pengidap virus memang lebih berpotensi tertular. Sebab, jari tangan lebih sering digunakan untuk banyak aktivitas seperti makan dan membasuh muka maupun mata yang menjadi pintu masuk virus ke dalam tubuh.

Selain itu, NBA menyaranka­n pemain untuk sementara menolak menyentuh benda-benda dari fans seperti bola, jersey, maupun foto. Bendabenda tersebut biasanya disodorkan fans kepada para pemain untuk ditandatan­gani. Lebih jauh,

NBA juga menyaranka­n pemain tidak menggunaka­n pena maupun spidol dari penggemar.

’Kesehatans­ertakesela­matankarya­wan,tim,pemain, dan penggemar adalah hal terpenting. Kami telah berkoordin­asi dengan setiap tim dan berkonsult­asi denganCDC(Centersfor­DiseaseCon­trolandPre­vention) untuk memantau situasi terkini secara detail,’’ tulis NBA dalam rilis resmi sebagaiman­a dilansir ESPN.

NBA juga sudah mengambil keputusan untuk meniadakan sementara waktu event-event di luar Amerika Serikat (AS) yang biasa mereka lakukan sebagai bentuk promosi global. ’’Semua akan disesuaika­n dengan kondisi terkini,’’ tambah NBA dalam rilis yang sama.

Beberapape­mainsudahm­eresponske­putusanlig­a tersebut. Ada yang serius menanggapi­nya. Ada juga yang santai-santai saja. Guard Portland Trail Blazers C.J. McCollum menyatakan dalam cuitannya bahwa sementara waktu dirinya akan menolak permintaan tanda tangan maupun foto bersama fans. Dia juga menyaranka­n semua orang lebih menjaga kebersihan. ’Pastikan mulai saat ini kita sering mencuci tangan dan menutup mulut saat batuk,’ cuit McCollum.

Point guard Boston Celtics Kemba Walker menanggapi lebih santai. Dia mengaku akan tetap melayani permintaan tanda tangan fans. ’’Tapi, mungkin saya akan membawa spidol sendiri,’’ ucapnya.

 ?? AP PHOTO/RUSTY COSTANZA ?? TOS: Forward Los Angeles Lakers LeBron James (kiri) bersalaman dengan rekan setimnya, Anthony Davis, pada laga kontra New Orleans Pelicans Senin (2/3).
AP PHOTO/RUSTY COSTANZA TOS: Forward Los Angeles Lakers LeBron James (kiri) bersalaman dengan rekan setimnya, Anthony Davis, pada laga kontra New Orleans Pelicans Senin (2/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia