Jawa Pos

Kemen PAN-RB Apresiasi Dua Inovasi Polres

-

GRESIK, Jawa Pos – Polres Gresik terus berinovasi dalam pelayanan masyarakat. Ada dua inovasi baru yang bisa dinikmati. Yakni, Samsat Rame (Ramah Merakyat) dan Samsat Apung. Meski belum resmi di-launching, inovasi pelayanan baru itu telah mendapat apresiasi dari Kementeria­n Pendayagun­aan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Kemarin (3/3) Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Diah Natalisa mengunjung­i Mapolres Gresik. Kehadiran Diah itu langsung disambut Kapolres AKBP Kusworo Wibowo, Wakapolres Kompol Dhyno Indra Setyadi, dan para pejabat utama (PJU).

Di Mapolres Gresik, Diah menuju gedung sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT). Setelah menggelar pertemuan di Aula Parama Satwika 98 di lantai 2, Diah melihat tempat pelayanan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) maupun SPKT lain.

Ruang pelayanan tersebut tidak kalah dengan di perbankan. Selain sudah serbadigit­al, ruangan itu terasa nyaman. Baik untuk orang dewasa, penyandang disabilita­s, ibu menyusui, maupun anak-anak karena dilengkapi arena bermain. ”Di sini sistem pelayanan Fifo (first in-first out alias pertama masuk, pertama keluar),” kata Kusworo.

Setelah berkelilin­g, Diah terlihat tersenyum. Lalu, Diah menuju bagian luar gedung SPKT. Di depan pintu masuk gedung, ada sebuah motor bertulisan Samsat Rame (Ramah Merakyat) dan sebuah printer, komputer jinjing, serta gadget. Ternyata, peralatan portabel itu digunakan untuk layanan pajak kendaraan bermotor. Masyarakat tinggal menunggu di rumah. Pajak kendaraan akan diantar ke rumah masing-masing.

Diah menyatakan, pihaknya puas setelah melihat pelayanan publik di Polres Gresik. Pelayanan SKCK di Polres Gresik sangat berbeda jauh dengan pelayanan SIM di satpas. Menurut dia, masyarakat dilayani layaknya seperti di perbankan.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? TERKESAN: Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Diah Natalisa melihat ruang pelayanan SPKT Polres Gresik kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS TERKESAN: Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Diah Natalisa melihat ruang pelayanan SPKT Polres Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia