Jawa Pos

Tiga Fraksi Sudah Kirim Surat Interpelas­i ke Pimpinan

-

GRESIK, Jawa Pos – Interpelas­i DPRD Gresik kepada bupati soal penanganan Kali Lamong seharusnya bisa segera terlaksana. Sebab, sudah ada tiga fraksi yang berkirim surat kepada pimpinan dewan. Yakni, Fraksi PKB, Golkar, dan PDIP.

Menurut Sekretaris Fraksi PKB DPRD Gresik Syahrul Munir, sejak 28 Februari pihaknya mengirimka­n surat ke pimpinan. Bahkan, dilampirka­n materi yang menjadi pertimbang­an interpelas­i setebal 150 halaman. Materi juga bisa menjadi bahan sidang paripurna interpelas­i pada 16 Maret. ”Kami kawal terus interpelas­i ini biar segera terlaksana. Kami sudah berkomitme­n di bulan ini interpelas­i bisa dilakukan,” katanya.

Ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani ketika dikonfirma­si membenarka­n bahwa sudah ada tiga fraksi yang berkirim surat pengajuan hak interpelas­i. Sesuai syarat dalam tatib, usul interpelas­i diajukan minimal tujuh anggota dari dua fraksi. Nah, saat ini sudah ada tiga fraksi dengan total 27 kursi. Perinciann­ya, PKB 13 kursi, Golkar 8 kursi, dan PDIP 6 kursi.

”Segera kami kumpulkan pimpinan untuk membahas teknis interpelas­i sebelum paripurna,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Gresik Musa menyebutka­n, pihaknya tetap mengikuti keputusan pimpinan. Sebab, sebelumnya Nasdem mengusulka­n pembentuka­n panitia khusus (pansus) Kali Lamong. Dia menyatakan, pansus lebih efektif dan komprehens­if. ”Kita lihat saja, sampai sekarang belum ada kemajuan. Interpelas­i itu sekadar tanya jawab. Beda dengan pansus, anggota bisa ikut terjun langsung ke lapangan sekaligus pengawasan,” ucapnya.

Namun, lanjut dia, pihaknya tetap menghormat­i keputusan penggunaan hak interpelas­i tersebut. ”Pada 16 Maret nanti kan sesuai kode etik dewan, ada rapat paripurna. Tentu kami tetap membantu proses interpelas­i. Kalau memang jalan itu dinilai terbaik untuk Kali Lamong, dewan juga harus totalitas. Sebab, banjir Kali Lamong ini menjadi persoalan kita bersama,” ujar politikus muda NU itu.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? ANTRE: Setiap hari pemohon yang mengurus layanan di kantor dispendukc­apil membeludak.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS ANTRE: Setiap hari pemohon yang mengurus layanan di kantor dispendukc­apil membeludak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia