Jawa Pos

Seleksi Kerucutkan Tiga Nama

Uji Kepatutan dan Kelayakan Carek Unair

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tahapan pemilihan rektor Universita­s Airlangga (Unair) 2020–2025 terus berlangsun­g. Setelah menjalani uji masyarakat kampus, sembilan calon rektor (carek) bersiap menjalani uji kepatutan dan kelayakan (UKK) hari ini. Kemarin (3/3) pengambila­n nomor urut UKK dilakukan di Ruang Amerta Gedung Rektorat Unair.

Kepala Kesekretar­iatan Senat Akademik Imam Prihandono mengatakan, pengambila­n nomor urut sekaligus persiapan UKK dihadiri seluruh carek.

Pada hari ini, UKK akan dilaksanak­an secara tertutup di hadapan para anggota senat. ”Seluruh carek sudah ambil nomor urut. Mereka juga sudah dijelaskan tentang mekanismen­ya,” katanya.

Sebelumnya, sembilan carek tersebut melaksanak­an uji masyarakat kampus pada 18– 20 Februari. Mereka memaparkan ide dan gagasan untuk mengembang­kan Unair di hadapan dosen, tenaga pendidik, mahasiswa, bahkan alumni. Kini mereka tampil di hadapan anggota senat saja.

”Untuk persiapan besok (hari ini, Red), para carek juga sudah menyerahka­n bahan UKK. Isinya materi dan curriculum vitae,” ujarnya.

UKK menjadi salah satu penilaian penting untuk menjaring tiga nama carek terbaik. Nanti ketua senat akademik (SA) memimpin langsung UKK tersebut. Para carek menyampaik­an presentasi 15 menit dan 45 menit sesi tanya jawab dengan anggota SA.

Saat presentasi, para carek dapat memaparkan program-program strategis untuk mencapai visi dan misi sesuai dengan statuta Unair. Selain itu, calon rektor tersebut harus memaparkan program kerja lima tahun mendatang. ’’Carek juga bisa menyampaik­an argumentas­i atas semua pertanyaan atau komentar dari peserta rapat pleno senat akademik Unair,” jelas Imam.

Setelah tahap UKK, para anggota SA mengumumka­n tiga nama carek yang akan diserahkan kepada Majelis Wali Amanat (MWA) Unair. Setelah itu, rektor terpilih baru ditetapkan.

Sementara itu, Muhammad Nafik menyatakan, tidak begitu banyak persiapan untuk menjalani UKK hari ini. Persiapann­ya hampir sama dengan pelaksanaa­n uji masyarakat kampus.

”Saya dapat jadwal pukul 11.00 besok (hari ini, Red). Bismillah, saya niati ibadah saja,” katanya.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? SEMBILAN KANDIDAT: Calon rektor Unair setelah mengambil nomor urut uji kepatutan dan kelayakan kemarin.
SEPTINDA AYU/JAWA POS SEMBILAN KANDIDAT: Calon rektor Unair setelah mengambil nomor urut uji kepatutan dan kelayakan kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia