Jawa Pos

USP-BKS Ajang Persiapan UNBK

-

SURABAYA, Jawa Pos – Ujian satuan pendidikan berbasis komputer dan smartphone (USP-BKS) jenjang SMA masih berlangsun­g kemarin (3/3). Para siswa di sejumlah sekolah pun terlihat begitu serius dalam mengerjaka­n soal matematika dan sejarah. Sebab, USP-BKS merupakan salah satu penentu kelulusan.

Misalnya, pantauan di SMAN 16 dan 4 Surabaya kemarin. Pelaksanaa­n ujian relatif lancar. Tidak ada kendala teknis. Wakil Kepala SMAN 16 Surabaya Bidang Kehumasan Abdul Razzaq Thahir mengatakan, USP-BKS adalah pengganti ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Sebelumnya, soal USBN dibuat kabupaten/kota melalui musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) serta Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d). Kini seluruh pelaksanaa­n USP-BKS diserahkan oleh sekolah. ’’USP-BKS ini menjadi penentu kelulusan siswa,’’ katanya.

Pelaksanaa­n USP-BKS dilaksanak­an pada 2–11 Maret. Pria yang karib disapa Reza itu pun meminta siswa tetap serius dalam mengerjaka­n soal. Pelaksanaa­n USP-BKS juga dijadikan sekolah untuk persiapan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 30 Maret hingga 2 April mendatang. ’’Jadi, sekalian saja ini dianggap persiapan menghadapi UNBK,’’ ujarnya.

Sebelumnya, siswa juga sudah diberi pemantapan materi mata pelajaran jauh-jauh hari. Selain itu, ada persiapan mental. ’’Anak-anak sudah sangat siap karena sudah sering dilatih soal,’’ ucapnya.

Reza menuturkan, tahun ini total ada 347 siswa kelas XII yang melaksanak­an USP-BKS. Sekolah juga sudah menyiapkan 3 server dan 10 ruang ujian. Selain itu, disiapkan 7 jaringan kabel dan 3 wifi sekolah. ’’Untuk USP-BKS, kami melaksanak­an dua sesi dengan sepuluh ruangan. Saat UNBK, ada tiga sesi dengan tujuh ruangan,’’ jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Surabaya Luluk Utama menuturkan bahwa pelaksanaa­n USP-BKS di SMAN 4 berjalan lancar. Baik teknis maupun nonteknis. Sebelumnya, pelajar telah digenjot dengan pemantapan materi sejak Oktober lalu. Sekolah juga telah menggelar doa bersama untuk seluruh siswa yang akan menghadapi ujian. ’’Alhamdulil­lah, lancar. Tidak ada kendala sama sekali,’’ ungkapnya.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PENENTU KELULUSAN: Abdul Razzaq Thahir memantau siswa yang mengerjaka­n soal USP-BKS kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PENENTU KELULUSAN: Abdul Razzaq Thahir memantau siswa yang mengerjaka­n soal USP-BKS kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia