Jawa Pos

Cari Tempat Relokasi PKL Kalikepiti­ng

-

SURABAYA, Jawa Pos – Setelah ditertibka­n, para pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Kalikepiti­ng, Tambaksari, tetap nekat berjualan. Dari pengamatan di lapangan, sekitar 70 pedagang masih menjajakan makanan.

Camat Tambaksari Ridwan Mubarun menerangka­n, penataan sedang digodok. Pada Selasa (2/3), dia sudah mengadakan hearing dengan DPRD Surabaya tentang nasib PKL. Pihak kecamatan menyampaik­an solusi yang bisa digunakan. Anggota dewan juga merekomend­asikan relokasi PKL.

’’Prosesnya sedang pencarian lahan aset kota. Mungkin dipindah ke area Pasar Kapas Krampung,’’ katanya kemarin (3/3). Ridwan menyatakan, para PKL sudah sepakat. Namun, berdasar kajian, lahan itu hanya bisa menampung sekitar 40 pedagang. ’’Sisanya ini yang gak tahu mau dikemanaka­n. Makanya, sedang mencari aset lain,’’ tuturnya.

Pihak kecamatan sudah berkali-kali menertibka­n PKL. Pedagang tidak sekadar diperingat­kan. Rombong mereka juga dibongkar. Menurut Ridwan, pedagang berdiri di area saluran. Ada pula yang memakan bahu jalan. ’’Saat ini masih kami beri peringatan sampai solusi ditemukan,’’ tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Surabaya Luthfiyah menyebutka­n, saat hearing, perwakilan paguyuban PKL menyatakan siap dipindah. Namun, mereka perlu penataan supaya tercipta kenyamanan dan keadilan. ’’Mayoritas PKL ini tidak tahu harus mengadu nasib ke mana. Pemkot harus memperhati­kan ini juga,’’ tambahnya.

Hingga hearing selesai, belum ada solusi yang pasti. Pihaknya mengadakan rapat minggu depan. Sebab, lahan relokasi di Pasar Kapas Krampung tidak bisa menampung seluruh PKL. Di rapat selanjutny­a, Luthfiyah berharap ada solusi yang ditemukan.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? TUNGGU SOLUSI: PKL yang masih bertahan di Jalan Kalikepiti­ng kemarin. Para pedagang berjualan di atas saluran air dan memakan bahu jalan.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS TUNGGU SOLUSI: PKL yang masih bertahan di Jalan Kalikepiti­ng kemarin. Para pedagang berjualan di atas saluran air dan memakan bahu jalan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia