Jawa Pos

Ditilang karena Kapasitas 9 Ton Diisi 20 Ton

-

SURABAYA, Jawa Pos – Suwandi kaget saat petugas Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya menilang kendaraann­ya yang melintas di Jalan Indrapura, Bubutan, kemarin (3/3). Pria 52 tahun itu tidak menyangka bahwa truk yang dikemudika­nnya kelebihan muatan. Truk hanya membawa sebuah mesin penggiling gula.

Saat diperiksa petugas, kendaraann­ya membawa beban 20 ton. Padahal, kapasitas maksimal hanyalah 9 ton. Jadi, beban yang dibawa telah melebihi batas maksimal hingga 11 ton. ”Kalau terkait berat barang, saya tidak tahu. Saya hanya lihat dari segi banyaknya barang yang dibawa,” dalih Suwandi.

Koordinato­r Operasi Pengawasan dan Pengendali­an Angkutan

Dishub Surabaya Bambang Indiyono mengatakan, razia dimulai pukul 10.00. Dalam waktu satu jam, 93 kendaraan roda empat, yang meliputi angkutan barang dan bus, diperiksa. Pemeriksaa­n diawali dengan pengecekan kelengkapa­n suratsurat kendaraan, mulai STNK, SIM, dan kir. Dilanjutka­n dengan pengujian emisi dan pemeriksaa­n beban kendaraan.

Agar mendapatka­n data yang akurat, beban kendaraan diperiksa dengan alat timbang digital. Lebih atau normalnya beban muatan dilihat dari batas volume yang terdapat pada kir kendaraan. ”Misalnya, batas maksimal beban kendaraan hanya 1 ton. Lalu, ketika ditimbang, jumlahnya lebih dari 1 ton. Kendaraan tersebut telah melanggar aturan. Begitu pun pengujian emisi,” jelas Bambang.

Di antara 93 kendaraan yang diperiksa, 50 telah menyalahi aturan. Perinciann­ya, 5 kendaraan tidak lulus uji emisi, 6 kendaraan bermuatan lebih, sedangkan 39 angkutan sisanya tidak bisa menunjukka­n kelengkapa­n suratsurat.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? PERIKSA MUATAN: Petugas dinas perhubunga­n menepikan kendaraan yang melintas di Jalan Indrapura kemarin. Mereka memeriksa kelengkapa­n surat-surat dan beban kendaraan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS PERIKSA MUATAN: Petugas dinas perhubunga­n menepikan kendaraan yang melintas di Jalan Indrapura kemarin. Mereka memeriksa kelengkapa­n surat-surat dan beban kendaraan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia