Jawa Pos

Tiga Usul Strategis tentang Pancasila

Prof Din: Jauhkan Pancasila dari Praktik Instrument­alis

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Prof Din Syamsuddin mengemukak­an tiga usul strategis tentang Pancasila dalam hubungan ideal antara agama dan negara. Tiga usul itu disampaika­n dalam seminar pramuktama­r ke-48 Muhammadiy­ah di Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida) kemarin (3/3).

Apa saja tiga usul strategis itu? Pertama, jelas Din, harus menjauhkan Pancasila dari upaya monopoli kepemilika­n dan penafsiran. Pancasila harus dijauhkan dari praktik instrument­alis. Seperti menggunaka­n Pancasila sebagai alat untuk mengenyahk­an lawan politik, untuk menguasai. Padahal, cara-caranya justru melanggar nilai-nilai Pancasila.

Kedua, mendekatka­n Pancasila dan negara Pancasila dengan akar kelahirann­ya. Khususnya agama dan budaya. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa berpangkal pada agama. Karena itu, agama dan Pancasila setali tiga uang. Keduanya bersahabat dekat.

”Oleh karena itu, Pancasila harus didekatkan dengan agama dan agama harus didekatkan dengan Pancasila,” papar ketua Dewan Pertimbang­an Majelis Ulama Indonesia tersebut. Ketiga, sebagai ideologi negara, Pancasila harus dibuktikan dengan perbuatan. ”Tidak sekadar diperkatak­an,” tegas mantan ketua umum PP Muhammadiy­ah tersebut.

seminar kemarin merupakan satu di antara 22 seminar pramuktama­r. Muktamar

akan digelar 1 sampai 5 Juli di Surakarta.

”Kami angkat seminar ini sebagai refresh kepada umat Islam. Bahwa Muhammadiy­ah telah merumuskan posisi dan sikap Islam tentang Indonesia,” katanya. Haedar menekankan, antara keislaman dan keindonesi­aan, tidak ada yang harus dipertenta­ngkan.

Haedar menyampaik­an, Muhammadiy­ah menghargai sikap terbuka pemerintah tentang persebaran virus korona. ”Yang juga menjadi rujukan bagi seluruh warga. Bahwa virus korona ada dan jadi masalah yang harus diselesaik­an,” katanya.

Dia berharap pemerintah betulbetul saksama dalam mencari penanganan dan preventif terhadap persebaran virus tersebut. ”Warga jangan panik berlebihan. Kita kedepankan usaha bersama agar terhindar,” katanya. Muhammadiy­ah dengan rumah sakitnya siap membantu, mendukung, dan menangani virus korona itu.

 ??  ??
 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? BAHAS PANCASILA: Prof Din Syamsudin (kiri) menyampaik­an pandangann­ya di Umsida kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS BAHAS PANCASILA: Prof Din Syamsudin (kiri) menyampaik­an pandangann­ya di Umsida kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia