Jawa Pos

Dekranas Memasuki Usia 40 Tahun

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) genap berusia 40 tahun kemarin (3/3). Perayaan itu dihelat dengan acara seremonial potong tumpeng yang dipimpin Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak. Acara di Grand City Convex kemarin pagi itu juga dihadiri ibu-ibu ketua Dekranas daerah dan para perajin.

Arumi menyatakan, acara pagi itu bukanlah sebuah perayaan hura-hura. ’’Tapi, perayaan HUT ini untuk dapat bersilatur­ahmi dan bertatap langsung serta mengapresi­asi ibu-ibu sekalian atas kerja keras selama ini,’’ jelasnya.

Menurut dia, 40 tahun juga bukanlah umur yang pendek. ’’Sudah bisa dibilang cukup matang dan berpengala­man sebagai sebuah organisasi untuk membina para perajin,’’ terangnya.

Karena itu, dia berharap Dekranas makin m em antap kan fungsinya membantu pemerintah dalam menggali, melindungi, melestarik­an, membina, dan mengembang­kan seni kerajinan berbasis warisan nilai budaya.

’’Hal ini tentu dilakukan demi kesejahter­aan para perajin di Jawa Timur. Juga, dapat menjadi ujung tombak dalam memenuhi tuntutan pasar global dan mempertaha­nkan jari diri bangsa,’’ sambungnya. Caranya adalah berfokus pada program peningkata­n kualitas sumber daya manusia, perajin, serta daya saing.

Arumi mengungkap­kan, akan ada berbagai pelatihan untuk kerajinan-kerajinan yang berbasis kedaerahan. Tujuannya, produk kerajinan daerah bisa berkualita­s ekspor. Keberhasil­an Dekranas dalam menyejahte­rakan perajin pun diukur dari produk mereka bisa terjual laris. ’’Bahasa kasarnya dari barang sampai jadi duit. Sebab, sebagus apa pun barangnya, kalau belum bisa jadi duit, tugas kami belum selesai,’’ ujarnya.

Sekretaris Dekranasda Jatim Tiat S. Suwardi menuturkan, acara HUT Dekranas juga dimeriahka­n dengan gelar kriya yang berlangsun­g selama lima hari mulai hari ini (4/3) di Grand City Convex. ’’Ada pula lomba fashion busana batik dan tenun Jatim,’’ paparnya.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? BERSAMA-SAMA: Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak (tengah) memotong tumpeng sebagai puncak perayaan ultah Dekranas kemarin.
MARIYAMA DINA/JAWA POS BERSAMA-SAMA: Ketua Dekranasda Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak (tengah) memotong tumpeng sebagai puncak perayaan ultah Dekranas kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia