Jawa Pos

Bawa Beragam Jenis Narkoba ke Sekolah

-

SURABAYA, Jawa Pos – Siswa SDN Kedurus III melihat narkoba langsung dari jarak dekat kemarin (6/3). Petugas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Surabaya membawa barang terlarang itu ke sekolah untuk mengenalka­nnya kepada siswa. ”Biar anak-anak tahu,” ujar Humas BNNK Surabaya Indah Soetantri.

Jenis narkoba yang dibawa beragam. Indah sengaja membawa displai narkoba yang saat ini marak di masyarakat. Mulai sabu-sabu (SS), ganja, hingga pil dobel L atau pil koplo. ”Siswa pasti akan lebih mawas diri ketika tahu bentuk dan warnanya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, para siswa dikenalkan dampak pemakaian narkoba. Indah mengatakan, setiap jenisnya memiliki efek yang bervariasi. SS, misalnya. Zat yang terkandung di dalamnya adalah stimulus. Jadi, pemakainya akan sulit mengantuk.

Efeknya, kata Indah, berbeda dengan ganja dan pil koplo. Dua jenis narkoba tersebut bersifat halusinoge­n. Menurut dia, pemakainya akan berpikir lambat. Mereka tidak akan nyambung saat diajak berkomunik­asi. ”Warna mata merah menjadi ciri khasnya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, dia meminta siswa tidak coba-coba. Indah juga menekankan pentingnya kewaspadaa­n. Dia mencontohk­an rokok elektrik yang sekarang sedang marak. Bukan tidak mungkin liquid-nya menjadi objek pengedar narkoba. Mereka menggantin­ya dengan SS cair. ”Jadi, lebih baik dihindari,” ungkapnya.

Wakil Kepala SDN Kedurus III Sodik Siswo Pramono merasa senang dengan adanya penyuluhan tersebut. Menurut dia, kegiatan itu penting bagi anak didiknya. ”Siswa jadi tahu macam dan bentuk narkoba. Bahaya dan sanksi hukumnya,” jelasnya.

 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? PENCEGAHAN: Indah Soetantri memberikan penjelasan tentang narkoba dan bahayanya kepada siswa SDN Kedurus III kemarin.
EDI SUDRAJAT/JAWA POS PENCEGAHAN: Indah Soetantri memberikan penjelasan tentang narkoba dan bahayanya kepada siswa SDN Kedurus III kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia