Jawa Pos

Puting Beliung Rusak Belasan Rumah

-

SUMENEP, Jawa Pos – Belasan rumah warga rusak akibat angin puting beliung kemarin (7/3). Musibah nahas itu terjadi di Desa Cangkreng, Kecamatan Lenteng, S u menep, sekitar pukul 13.00. Bangun anyang rusak terdiri atas rumah, dapur, dan gudang.

Kepala Desa Cangkreng Halili menyampaik­an, angin dengan kekuatan dahsyat itu tidak berlangsun­g lama. Hanya sekitar 1 menit. Namun, angin berhasil meluluhlan­takkan belasan bangunan permukiman warga. Peristiwa tersebut berbarenga­n dengan hujan yang cukup lebat.

Saat hujan berlangsun­g, terlihat sampahsamp­ah beterbanga­n dari lokasi kejadian. Untung, sampah-sampah itu tidak mengedani rumah Halili. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sejumlah warga langsung panik dan berusaha menyelamat­kan diri. ”Kejadianny­a itu berbarenga­n dengan hujan turun. Sebelumnya, cuaca terlihat memang sangat mendung,” jelasnya.

Menurut dia, ada 17 bangunan yang mengalami kerusakan, baik rusak ringan maupun sedang. Pihaknya juga langsung menghubung­i polsek, koramil, dan kecamatan untuk membantu warga melakukan evakuasi.

Setelah suasana mulai tenang, sejumlah warga saling membantu untuk mengevakua­si puing-puing bangunan. Dengan demikian, tidak ada warga yang harus dievakuasi di tempat tinggal lain. Pihaknya berharap peristiwa itu juga mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten.

”Nanti kami kumpul bersama forkopimda untuk membahas peristiwa ini. Sebagai tindak lanjut pengajuan bantuan setelah melakukan pendataan,” jelasnya.

Kasubbaghu­mas Polres Sumenep AKP Widiarti membenarka­n adanya bencana alam tersebut. Anggota kepolisian dari Maolsek Lenteng juga datang ke lokasi untuk membantu evakuasi. Sebanyak 17 bangunan mengalami kerusakan. Terdiri atas 15 rumah, 1 bengkel, dan 1 gudang.

Hujan lebat pukul 13.30 –16.00 juga mengguyur wilayah Kecamatan Pragaan kemarin. Akibatnya, pohon mahoni tumbang dan menimpa Jalan Raya SumenepPam­ekasan di Desa Pragaan Laok, Kecamatan Pragaan. Pohon yang melintang di jalan raya mengakibat­kan kemacetan arus lalin.

 ?? POLRES SUMENEP FOR JAWA POS RADAR MADURA ?? GOTONG ROYONG: Warga bersama anggota kepolisian mengevakua­si puing-puing bangunan akibat diterjang angin puting beliung di Desa Cangkreng, Kecamatan Lenteng, Sumenep, kemarin.
POLRES SUMENEP FOR JAWA POS RADAR MADURA GOTONG ROYONG: Warga bersama anggota kepolisian mengevakua­si puing-puing bangunan akibat diterjang angin puting beliung di Desa Cangkreng, Kecamatan Lenteng, Sumenep, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia