Jawa Pos

Nasdem Mulai Atur Strategi Pemenangan

-

KONSOLIDAS­I di internal Partai Nasdem dimulai. Kemarin (7/3) pengurus membahas strategi pemenangan. Partai besutan Surya Paloh itu juga tengah membentuk kepengurus­an baru hingga tingkat kelurahan.

Rapat itu berlangsun­g tertutup di Hotel Mercure. Koordinato­r Bidang Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem Prananda Paloh turun langsung memimpin rapat tersebut.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi mengungkap­kan, rapat itu membahas strategi pemenangan untuk 19 daerah yang tengah menyelengg­arakan pemilihan kepala daerah (pilkada). Ada pembahasan khusus terkait pemilihan wali kota (pilwali) Surabaya. ’’Karena Surabaya ini memang istimewa,’’ ujarnya.

Politikus senior yang akrab disapa Janette itu mengatakan, Surabaya bukan hanya sebagai ibu kota Jawa Timur. Surabaya merupakan etalase provinsi yang memiliki 38 kota/kabupaten. ’’Karena itu, calon pemimpinny­a juga harus benar-benar dipertimba­ngkan dengan matang dan serius,’’ tuturnya.

Janette menuturkan, salah satu strategi pemenangan yang dibahas berkaitan dengan pembagian wilayah pemenangan. Jadi, partai yang tergabung dalam koalisi bisa bekerja lebih optimal di wilayahnya masing-masing. Namun, hal itu tentu dibahas lebih lanjut bersama partai lain. ’’Hasil rapat ini nanti dibahas kembali bersama partai koalisi yang lain,’’ jelasnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Politik DPW Nasdem Jatim Vinsensius Awey menyebut ada lima daerah yang menjadi prioritas. Yakni, Ponorogo, Malang, Jember, Banyuwangi, dan Gresik. ’’Surabaya tetap mendapat porsi tersendiri,’’ ucapnya.

Menurut Awey, pengurus di Surabaya masih menyiapkan struktur kepengurus­an baru di tingkat kecamatan dan kelurahan. Tidak semua pengurus lama diganti. Ada beberapa yang diperbarui dan diisi kader-kader milenial.

Pembentuka­n kepengurus­an baru dilakukan dalam rangka penyegaran. Awey mengatakan, pengurus yang baru nanti juga diberi pelatihan dalam menghadapi pilwali pada September. ’’Itu nanti pengurus di DPD (kota, Red) yang menyiapkan. Untuk DPW hanya koordinasi dan memberikan arahan-arahan yang diperlukan,’’ papar anggota DPRD Surabaya periode 2014– 2019 itu.

Surabaya tetap mendapat porsi tersendiri.

VINSENSIUS AWEY Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Politik DPW Nasdem Jatim

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? CARI KEADILAN: Sholeh (kiri) bersama timnya dalam musyawarah penyelesai­an sengketa calon independen di Bawaslu kemarin.
FRIZAL/JAWA POS CARI KEADILAN: Sholeh (kiri) bersama timnya dalam musyawarah penyelesai­an sengketa calon independen di Bawaslu kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia