Jawa Pos

Ajari Ibu-Ibu Membuat Menu Sehat

-

GRESIK, Jawa Pos – Agenda kumpul bareng para anggota Perkumpula­n Istri Karyawan Petrokimia Gresik (PIKPG) kemarin (7/3) berlangsun­g berbeda jika dibandingk­an dengan biasanya.

Acara di Gedung Serbaguna Tri Dharma PIKPG itu menyajikan agenda khusus, yakni pelatihan memasak menu sehat untuk keluarga.

Pelatihan menu sehat tersebut disampaika­n bagian gizi RS Grha Husada, Alicia Ayu

Chandra. Para peserta diajak membuat tortila yang memenuhi syarat menyusun menu sehat. ”Yang utama yaitu nilai gizi makanan, dengan memperhati­kan kandungan makanan tersebut,“jelasnya.

Alicia juga mengajarka­n cara membuat menu dengan bujet yang tersedia. Dia menyebutka­n, banyak pilihan menu sehat yang terjangkau. ”Jangan sampai memaksakan diri hingga merugi, akhirnya kepikiran bahkan jadi nggak sehat garagara stres,” katanya.

Yang tidak kalah penting, lanjut Alicia, menu sehat tersebut bisa diterima anggota keluarga. ”Sehat, tapi keluarga nggak doyan, ya bisa tidak dimakan,” candanya.

Dengan pola komsumsi sehat, setidaknya itu dapat mencegah penularan penyakit. Bahkan, makanan sehat bisa meningkatk­an sistem kekebalan tubuh. ”Perlu juga ditambah dengan aktivitas olahraga dan istirahat yang cukup,” tandasnya.

Agenda itu adalah bagian dari program PIKPG yang mengajak para anggotanya ikut dalam kegiatan-kegiatan produktif. ”Juga bagian dari menggali minat dan bakat setiap anggota,” kata Ketua PIKPG Kuntari Laksmitade­wi Wahyuningd­yah.

Dia menjelaska­n, ada cukup pelatihan usaha produktif yang digelar. Di antaranya, belajar bisnis, memasak, dan keterampil­an lain seperti fashion dan pelatihan make-up.

 ?? LUDRY PRAYOGA/JAWA POS ?? BAGI ILMU: Alicia Ayu Chandra memandu ibu-ibu untuk memasak menu sehat di Gedung Serbaguna Tri Dharma PIKPG.
LUDRY PRAYOGA/JAWA POS BAGI ILMU: Alicia Ayu Chandra memandu ibu-ibu untuk memasak menu sehat di Gedung Serbaguna Tri Dharma PIKPG.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia