Jawa Pos

Parkir Sembaranga­n Rusak Suasana Kota Tua

-

SURABAYA, Jawa Pos – Beberapa lokasi kota tua di Surabaya Utara menjadi jujukan pengunjung di akhir pekan. Selain karena nuansa era kolonialny­a masih kental, kawasan yang penuh nilai sejarah itu Instagramm­able. Contohnya, Jalan Panggung.

Namun, nuansa tersebut ambyar karena beberapa pengendara roda empat memarkirka­n kendaraann­ya hingga memenuhi jalur pedestaria­n. Annisa Marfuah menyesalka­n tindakan pengendara roda empat itu.

Sebab, selain menganggu pejalan kaki, kondisi tersebut memperburu­k kondisi nuansa jalan bersejarah itu. ”Jadinya kan nggak seru. Nuansanya kurang utuh. Kami ke sini ingin mengabadik­an dan merasakan nuansa lama,” kata mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Kota Malang itu.

Ramainya Jalan Panggung memang menambah kesan tersendiri bagi mahasiswi tersebut. Tapi, memarkirka­n kendaraan sembaranga­n membuat kondisi terlihat tidak tertata. Sebab, masing-masing ruas jalan, baik kiri maupun kanan, tampak penuh dengan kendaraan roda empat.

Kemarin (7/3) Jalan Panggung memang tampak ramai. Tidak sedikit dari mobil pikap melakukan bongkar muat barang. Selain itu, pembeli tampak datang silih berganti. Lurah Nyamplunga­n Sudiono Irianto mengatakan, pihaknya telah berkali-kali mengimbau para pengendara mobil untuk memarkirka­n kendaraany­a di sebelah sisi timur. Baik untuk para pembeli dan para pedagang di kawasan tersebut.

”Bongkar muat barang juga di sebelah kiri semua. Karena aturannya sudah begitu. Rekan dishub juga berkali-kali sudah melakukan penindakan,” jelasnya kemarin. Pihaknya sangat menyayangk­an perilaku pengendara roda empat tersebut. Sebab, kawasan itu terlihat tidak layak seperti kawasan heritage Surabaya Utara seharusnya.

Sudiono berencana melakukan survei beserta Satpol PP Kota Surabaya, BPB linmas, dinas perhubunga­n, dinas cipta karya, dan dinas PU bina marga. Tujuannya, semua pihak terlibat dalam pemelihara­an kawasan tersebut. ”Survei tinjau lokasi. Nanti dibangun posko terpadu di pertigaan Jalan Gambir,” ungkapnya.

Setelah posko berdiri, diharapkan kawasan itu kembali tertib. Juga untuk menertibka­n kawasan parkir sepenuhnya di sisi kiri Jalan Panggung. ”Harapannya pembanguna­n posko itu segera diselesaik­an,” imbuhnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SEMRAWUT: Mobil parkir di kanan dan kiri Jalan Panggung kemarin. Suasana tersebut mengganggu pengunjung yang ingin berfoto di sana.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SEMRAWUT: Mobil parkir di kanan dan kiri Jalan Panggung kemarin. Suasana tersebut mengganggu pengunjung yang ingin berfoto di sana.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia