Jawa Pos

Rutan Sita Obat Nyamuk Botol Aluminium

-

SURABAYA, Jawa Pos – Rumah Tahanan Kelas I Surabaya menyita beberapa barang unik yang dibawa pembesuk kemarin (7/3). Sitaan itu berupa enam sendok, pisau makan, gunting, bedak gatal, dan obat nyamuk berbahan aluminium. Padahal, sebelumnya ada pemberitah­uan yang cukup besar di pintu gerbang mengenai barang larangan.

Kepala Pengamanan Rumah (KPR) Tahanan Kelas I Surabaya Andi Surya Nasution mengungkap­kan, kejadian itu terbilang baru. Terutama adanya obat nyamuk berbahan aluminium. ’’Ini baru kali pertama ada selama saya menjabat di sini,’’ ucapnya.

Sementara itu, sendok, gunting, serta pisau makan sudah biasa. Biasanya, pembesuk beralasan tidak sengaja dan tidak tahu. Meski begitu, benda-benda itu bakal dikembalik­an ke pemilik atau pengunjung. Meski demikian, pembesuk enggan mengambil barang tersebut. ’’Mungkin malu. Padahal, kami hanya melarang benda itu masuk. Tidak menyita,’’ ucapnya.

Jika disita, barang tersebut pasti berbahaya. Misalnya, selundupan handphone atau narkotika. ’’Kami tidak hanya menyita, tapi bakal memberinya sanksi,’’ ucapnya. Sebab, barang bawaan seperti itu sengaja disembunyi­kan. Bagi Andi, masyarakat atau pengunjung wajib mengerti barang bawaan yang dilarang.

Mulai benda berbahan aluminium hingga makananmak­anan instan. Jika ingin makan bersama, pengunjung wajib membawa makanan berbungkus. Namun, lanjut Andi, pembesuk jangan coba-coba mengelabui petugas dengan menyelundu­pkan barang larangan.

Pembesuk akan melewati sejumlah pemeriksaa­n. Salah satunya body scanner untuk setiap pengunjung. Setelah itu, ada lagi X-ray. Nah, alat itu digunakan untuk memeriksa barang-barang yang dibawa pengunjung. Jika ada benda mencurigak­an, mesin bakal mendeteksi. Selain X-ray, pengunjung digeledah para sipir dua kali. ’’ Kami mengantisi­pasi nya. Sebab, penghuni r utan merupakan orang bermasalah dengan hukum. Jadi, kami perlu waspada terkait itu. Bentuk pencegahan untuk hal yang tidak diinginkan,’’ jelas Andi.

 ?? ALFIAN RIZAL/ JAWA POS ?? PEMERIKSAA­N: Bagus, sipir Rutan Kelas I Surabaya, memeriksa sejumlah barang bawaan pengunjung saat melalui mesin X-ray.
ALFIAN RIZAL/ JAWA POS PEMERIKSAA­N: Bagus, sipir Rutan Kelas I Surabaya, memeriksa sejumlah barang bawaan pengunjung saat melalui mesin X-ray.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia