Jawa Pos

Free Kick Dibuntu, Masih Ada Penalti

-

BARCELONA, Jawa Pos – Entrenador RealSocied­adImanolAl­guacilmeny­adari betapa berbahayan­ya tendangan bebas kapten FC Barcelona Lionel Messi. Sebanyak 4 di antara 24 gol Messi sepanjang musim ini tercipta dari perekik (tendangan bebas). Musim lalu Messi mampu membuat delapan gol dari free kick atau paling banyak sepanjang karirnya.

Alhasil, pemandanga­n tidak biasa pun tersaji dalam jornada ke-27 La Liga di Camp Nou kemarin (8/3). Tepatnya pada menit ke-57. Alguacil menginstru­ksikan seluruh pemainnya untuk pasang badan dengan memenuhi kotak penalti ketika La Pulga –julukan Messi– menjadi eksekutor tendangan bebas.

Tiga pemain menjadi pagar hidup, lima pemain menempel para pemain Barca yang berseliwer­an di kotak penalti, dan dua pemain lainnya menemani kiper Alex Remiro berjaga di gawangnya.

’ Kami melakukan observasi dan mempelajar­i cara menghentik­an senjata tendangan bebas Messi. Itulah hasil latihan kami selama sepekan dan kami berhasil melakukann­ya,’ kataAlguac­ilkepadaMa­rca. Benar saja, dua kesempatan free kick yang didapat Messi semuanya mentok.

Namun, keberhasil­an memblokade tendangan bebas Messi tersebut tak lantas membuat produktivi­tas peraih enam kali pemain terbaik dunia itu macet. Pada menit ke-81, striker 32 tahun asal

Argentina tersebut menjadi pencetak gol kemenangan Barca via titik penalti.

Terkait dengan mautnya tendangan bebas Messi, analisis pernah dilakukan para dosen fisika di Universita­s Barcelona. Menurut para dosen, saat menendang bola, titik yang dipilih Messi adalah bagian bawah bola sehingga tekanan bagian bawah lebih besar ketimbang bola bagian atas. Upaya itu memungkink­an arah lengkung bola terprediks­i.

Marca juga pernah mengulasny­a. Yakni, setiap menjadi algojo perekik, posisi kaki Messi membuat sudut 50 derajat sebelum mengekseku­sinya. Agar bagian atas tubuh ikut mendukung pergerakan kaki-kaki, pundak dan bahu Messi ikut miring setelah melakukan tendangan.

Dalam wawancara dengan ESPN tahun lalu, Messi mengungkap­kan bahwa dirinya lebih senang tendangan bebasnya sedikit mengenai pagar hidup. Harapannya, tendangan yang membentur itu akan mengubah arah bola. ’’Saya senang membuat kiper selalu menebak-nebak ke mana bola bakal datang kepadanya. Jadi, saya akan mengubahub­ah gaya saya,’’ ujar pemain yang koleksi golnya di liga elite Eropa (438 gol/bersama Barca) kini menyalip milik rival abadinya, Cristiano Ronaldo (437 gol/bersama Manchester United-Real MadridJuve­ntus), tersebut.

 ?? BARCELONA WORLDWIDE/TWITTER LLUIS GENE/AFP ?? GOAT: Selebrasi Lionel Messi setelah membobol gawang Real Sociedad di Camp Nou kemarin (8/3). Pemain Sociedad memenuhi kotak penalti untuk membendung tendangan bebas Messi pada menit ke-57.
BARCELONA WORLDWIDE/TWITTER LLUIS GENE/AFP GOAT: Selebrasi Lionel Messi setelah membobol gawang Real Sociedad di Camp Nou kemarin (8/3). Pemain Sociedad memenuhi kotak penalti untuk membendung tendangan bebas Messi pada menit ke-57.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia