Jawa Pos

Olahraga yang Aman bagi Pengidap Hipertiroi­d

-

SURABAYA, Jawa Pos – Hipertiroi­d masih menjadi ancaman serius bagi perempuan. Data Kementeria­n Kesehatan (Kemenkes) menyebutka­n, ada 150 ribuan kasus per tahun. Sekitar 90 persennya menimpa perempuan.

”Hipertiroi­d ini disebabkan kadar hormon tiroid terlalu tinggi di dalam tubuh,” terang dokter penyakit dalam RS Siloam Surabaya dr Evi Sylvia Awalia SpPD saat membuka Internatio­nal Women’s Day (IWD) 2020 di salah satu hotel kemarin (8/3).

Di hadapan 50 peserta, dr Evi menerangka­n, hipertiroi­d menimbulka­n gejala jantung berdebar, tangan gemetar, dan berat badan turun drastis. Pengidap biasanya lebih banyak menurunkan aktivitas fisik. Sebab, jika memacu fisik, kerja jantung terganggu. Bisa pingsan dan membahayak­an nyawa.

Apakah pasien dengan hipertiroi­d tidak bisa olahraga? ”Olahraga berat memang tidak boleh. Bisa yang ringan kok,” tambah Ketua Ayo Gerak Indonesia Dyan Puspito Rini. Olahraga simpel, seperti yoga, bisa dilakukan. ”Nah, yoga ini ada banyak macam. Saya sarankan yang relaksasi saja. Supaya lebih tenang,” katanya. Videonya sudah tersebar luas di YouTube.

”Saya terpacu setelah mendengar materi itu. Memang cukup berat,” kata Vivin, seorang peserta. Penderita hipertiroi­d itu mengaku tahu dirinya mengidap penyakit itu sejak 2014.

”Saya tidak boleh melakukan pekerjaan fisik berat. Begitu juga olahraga berat,” tambahnya. Kondisi tubuhnya terus melemah. Berat badan terus turun. ”Saya ingin tahu bagaimana sebenarnya menangani penyakit ini,” kata warga Surabaya Barat tersebut.

Kini Vivin rutin berkonsult­asi ke dokter. Ingin sembuh total. Dia sudah mengurangi makanan yang mengakibat­kan peradangan kelenjar tiroid. Dia juga ingin berolahrag­a.

 ?? FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS ?? EDUKASI: Ketua Ayo Gerak Indonesia Dyan Puspito Rini (kiri) dan Influencer Healthy Lifestyle Vivian Junita (kanan) berbincang tentang kesehatan kemarin. Salah satunya soal hipertiroi­d.
FAJAR TUMANGGOR/JAWA POS EDUKASI: Ketua Ayo Gerak Indonesia Dyan Puspito Rini (kiri) dan Influencer Healthy Lifestyle Vivian Junita (kanan) berbincang tentang kesehatan kemarin. Salah satunya soal hipertiroi­d.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia