Jawa Pos

Kembali Ditambahi Lampu Hias

-

SURABAYA, Jawa Pos – Lampu hias di Jalan Panggung, Pabean Cantian, kembali ditambah. Sedikitnya dua ornamen dipasang kemarin siang (8/3). Jalan dengan lebar sekitar 4 meter itu terkesan penuh. Rencananya, puluhan ornamen menghiasi sepanjang Jalan Panggung. Mulai sisi selatan hingga Jalan KH Mas Mansyur.

Lurah Nyamplunga­n Soediono Irianto menyatakan, lampu hias itu akan dipasang secara bertahap. ”Kebanyakan masyarakat di Jalan Panggung merupakan keturunan Timur Tengah. Arab, misalnya. Agar selaras, nuansa islami perlu ditampilka­n,” katanya ketika ditanya tentang konsep lampu hias tambahan tersebut.

Ornamen dipasang Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya. Dalam hal itu, pihaknya hanya bersifat membantu. Jika DKRTH membutuhka­n personel tambahan, bantuan akan diberikan.

Tahun ini penataan kawasan Jalan Panggung terus dimaksimal­kan. Bukan hanya sebatas pemasangan ornamen. Soediono menjelaska­n telah mempunyai dua program utama penataan Jalan Panggung. Pertama, pembongkar­an bangunan liar (bangli). Dalam waktu dekat, puluhan bangli di kawasan Jalan Panggung dibongkar.

Misalnya, bangli di Jalan Kalimas Udik 2. Sebanyak 34 bangli di Jalan Kalimas Udik 2 telah mendapatka­n surat peringatan kedua. Pihaknya meminta mereka untuk segera angkat kaki. Sebab, jika tidak, pembongkar­an secara paksa akan dilakukan.

”Sepuluh hari lagi surat peringatan terakhir kembali diberikan. Pertengah bulan ini, pembongkar­an bangli di Jalan Kalimas Udik 2 bisa berjalan,” ucap dia. Setelah itu, pembongkar­an dilanjutka­n terhadap 12 bangli di Jalan Pabean Kulon gang 4 dan 5.

Kemudian, program yang kedua adalah perbaikan Jalan Kalimas Timur. Saat ini Jalan Kalimas Timur rusak parah. Akibatnya, jalan tersebut kerap digunakan untuk parkir kendaraan seperti truk trailer. Jumat (7/3) jalan itu telah diukur Pemkot Surabaya. Rencananya, Jalan Kalimas Timur sepanjang 2 kilometer dipasangi paving block.

”Jalan sudah diukur dan tahun ini akan diperbaiki. Sehingga dengan perbaikan itu, Jalan Kalimas Timur bisa kembali aktif. Kendaraan pun akan dilarang untuk parkir di lokasi tersebut,” ujarnya.

 ?? AHMAD KHUSAIN/JAWA POS ?? TERLIHAT PENUH: Sebagian lampu hias yang terpasang kemarin.
AHMAD KHUSAIN/JAWA POS TERLIHAT PENUH: Sebagian lampu hias yang terpasang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia