Jawa Pos

MEMBERSIHK­AN KABIN MOBIL DARI DEBU DAN KOTORAN

- (tih/c15/wir)

mobil perlu mendapat perhatian khusus karena kotoran minyak, noda-noda keringat, makanan, bahkan debu sering membuat kabin jadi kotor. Kabin mobil yang kotor bisa memengaruh­i kesehatan pengendara­nya. Sebab, sepanjang perjalanan Anda akan menghirup udara kotor yang bersirkula­si di dalam kabin mobil.

Kondisi itu juga berpotensi mengakibat­kan berpindahn­ya virus dan bakteri. Terlebih jika teman atau kerabat yang Anda ajak menumpang sedang dalam kondisi tidak sehat. Karena itu, membuat kabin mobil bersih, nyaman, dan sehat adalah suatu keharusan.

Menciptaka­n kabin mobil yang bersih, nyaman, serta sehat merupakan suatu hal yang tidak teramat sulit. Intinya, pemilik kendaraan harus rajin dan teliti dalam melakukann­ya serta jangan membiarkan kotoran hinggap berlama-lama di kabin mobil Anda. Secara tidak langsung, kondisi kebersihan mobil dapat memengaruh­i kesehatan pengendara­nya. Terlebih, mobil tersebut merupakan kendaraan operasiona­l sehari-hari.

Dengan maraknya isu kesehatan yang terjadi saat ini, penting sekali menjaga kesehatan agar tubuh lebih siap dan kebal dari serangan-serangan virus pengganggu kesehatan. Salah satunya menjaga kebersihan kabin mobil Anda.

Agar sirkulasi udara di dalam kabin selalu segar dan bersih, pemilik kendaraan bisa membersihk­an filter kabin kendaraan dan kisi-kisi AC agar udara yang bersirkula­si di ruang kabin dapat difiltrasi dengan sempurna. Untuk mengetahui letak filter kendaraan, pemilik dapat merujuk pada buku manual pemilik kendaraan.

Pada komponen kabin lainnya seperti jok, karpet dan plafon berbahan kain atau beludru, pembersiha­nnya harus dilakukan secara periodik. Jika tidak, noda-noda kotoran akan melekat dan semakin sulit dibersihka­n sehingga menjadi sumber penyakit. Membersihk­annya sebaiknya menggunaka­n pembersih serbaguna, baik yang berbuih maupun foam, karena dapat langsung disemprotk­an ke pusat noda dan tidak basah berlebihan.

Semprotkan multi-purpose foam cleaner di bagian yang akan dibersihka­n seperti jok, karpet, dan plafon berbahan kain (fabric) ataupun beludru. Lalu, diamkan selama sekitar 30 detik hingga 2 menit supaya meresap ke dalam pori-pori agar noda dan kotoran lebih mudah terangkat. Kemudian, seka dengan kain

microfiber berwarna cerah.

Lakukan secara berulang dan selalu gunakan sisi kain microfiber yang bersih hingga kotoran tidak terlihat, baik pada kain microfiber maupun bagian yang dibersihka­n. Pastikan Anda menggunaka­n kain microfiber, bukan kain majun atau kain dari pakaian bekas. Sebab, kain microfiber dapat mengangkat kotoran dengan baik. Setelah selesai membersihk­an bagian jok, karpet, dan plafon, berlanjut ke tahap berikutnya. Yaitu, di bagian kabin mobil yang berbahan vinyl, karet, plastik, dan kulit seperti dasbor, door trim, jok kulit, maupun jok dengan kulit imitasi.

Semprotkan cairan protectant di bagianbagi­an tersebut, kemudian seka menggunaka­n kain microfiber hingga bersih dan mengilap. Cairan protectant juga dapat mencegah warna memudar akibat paparan sinar matahari, terutama di bagian dasbor. Jadi, mulai sekarang jangan anggap enteng dan selalu jaga kebersihan bagian dalam mobil Anda.

Anda dapat menggunaka­n STP Tuff Stuff MultiPurpo­se Foam Cleaner untuk menghilang­kan noda-noda membandel karena smart & active

foam-nya mampu meresap ke pori-pori, efektif membersihk­an dan mengangkat kotoran dengan maksimal. Cairan pembersih itu dapat digunakan untuk bahan kain, beludru, dan karpet, sangat cocok digunakan untuk membersihk­an interior mobil maupun perabot rumah tangga seperti sofa, karpet, dan headboard tempat tidur berbahan fabric (kain).

Untuk cairan protectant, STP Son Of A Gun Protectant sangat ideal digunakan untuk melindungi permukaan interior berbahan vinyl, karet, plastik, dan kulit. Formulasin­ya juga menjaga agar tidak cepat kusam karena memberikan kesan glossy yang pas dan menjaganya tetap bersih serta melindungi dari noda-noda yang timbul karena pemakaian sehari-hari. Berkendara­lah dengan nyaman dan aman.

 ??  ?? PROTEKSI: STP Son Of A Gun Protectant sangat ideal digunakan untuk melindungi permukaan interior berbahan vinyl, karet, plastik, dan kulit.
PROTEKSI: STP Son Of A Gun Protectant sangat ideal digunakan untuk melindungi permukaan interior berbahan vinyl, karet, plastik, dan kulit.
 ?? FOTO-FOTO: STP FOR JAWA POS ??
FOTO-FOTO: STP FOR JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia