Jawa Pos

Data Calon PPS Dikirim ke Bawaslu dan Kepolisian

-

ORANG-orang yang lulus tahap tes tulis panitia pemungutan suara (PPS) tingkat kelurahan telah diumumkan kemarin. Total, ada 947 orang yang akan mengikuti tes wawancara pada Rabu hingga Jumat. Ada waktu bagi masyarakat untuk menanggapi hasil pengumuman tersebut hingga hari ini (10/3).

Tanggapan itu terkait bila ada orang yang lolos seleksi tulis yang ternyata merupakan pengurus partai politik atau pernah menjadi tim sukses. Selain itu, calon tersebut tak memenuhi kriteria sebagai anggota PPS. Misalnya, pernah dipidana dengan ancaman hukuman lima tahun, pernah disanksi pemberhent­ian tetap oleh KPU atau DKPP, serta pernah dua kali dalam jabatan yang sama menjadi PPS, PPK, dan KPPS.

Anggota KPU Surabaya Subairi mengungkap­kan, hasil pengumuman tersebut sudah dikirim pula ke kantor Bawaslu Surabaya. pengumuman tersebut juga dikirim ke Polrestabe­s Surabaya dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. ”Kami juga bersurat ke partai politik. Jadi, bisa memberikan tanggapan pada masa pemberian tanggapan hingga besok (hari ini, Red). Jangan nanti setelah dilantik baru memberikan tanggapann­ya,” jelas Subairi kemarin (9/3).

Orang yang berhak ikut tes wawancara itu termasuk mereka yang berasal dari lembaga pendidikan karena pemenuhan kuota. Sebab, memang ada tujuh kelurahan yang jumlah pesertanya tak terpenuhi hingga akhir masa pendaftara­n yang telah diperpanja­ng. Tujuh kelurahan itu adalah Kelurahan Alun-Alun Contong, Manyar Sabrangan, Kejawan Putih Tambak, Kalisari, Kalijudan, Gading, dan Banjar Sugihan.

Pada pengumuman KPU Surabaya tersebut, memang ada keterangan nama-nama yang lolos dalam tahap wawancara itu karena hasil koordinasi dengan lembaga pendidikan. Sesuai ketentuan, mereka memang langsung masuk babak seleksi wawancara.

Lantaran jumlah peserta yang lolos 947 orang, akan ada dua panel wawancara selama tiga hari berturut-turut. Empat komisioner KPU Surabaya akan lansung menjadi tim pewawancar­a.

Anggota KPU Surabaya Soeprayitn­o menambahka­n, sesuai jadwal, tanggapan masyarakat itu juga akan ada setelah pengumuman hasil wawancara kelak. Tanggapan tersebut sebagai bentuk transparan­si kepada masyarakat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia