Jawa Pos

Segera Pasang Girder di Perbatasan Section 3-4

Progres Pembanguna­n Tahap I Flyover Teluk Lamong

-

SURABAYA, Jawa Pos – Proyek flyover Teluk Lamong yang direncanak­an membentang sejauh 2,4 kilometer diharapkan selesai pada November. Saat ini pengerjaan difokuskan untuk menuntaska­n bentangan tahap I sepanjang 1,95 km terlebih dulu.

Pelaksana utama proyek dari PT Wijaya Karya Harry Adhi Dharma menyebutka­n bahwa progres mencapai 85,23 persen. Secara umum, jalur flyover sudah tampak. Pada section satu, jalan sepanjang 375 meter rampung dan dilengkapi penerangan jalan umum (PJU).

Section dua sepanjang 450 meter juga sudah tersambung dengan baik. Harry menjelaska­n, saat ini timnya memasang pembatas tol atau parapet. Pengecoran parapet tersebut juga akan dilengkapi PJU. Finishing expansion joint atau sambungan antar-pier juga terus dilakukan.

Tepat di atas rel di kawasan Romokalisa­ri, section tiga baru selesai pengecoran deck slab. Masih tampak puluhan besi support system yang terpasang di area tersebut. ’’Tapi, ini sudah selesai. Minggu ini sudah copot semua,’’ ujar Harry. Proses selanjutny­a adalah pemasangan batas dan pengaspala­n.

Pada perbatasan section tiga dan empat, jalan belum terhubung sejauh 140 meter. Lokasinya tepat di atas tol Surabaya–Gresik. Sementara itu, section empat hingga ujung 1,95 km sudah berdiri tegak. ’’Ini sedang proses pengurusan izin pemasangan,’’ tutur pria asal Bengkulu tersebut.

Perizinan memang memerlukan waktu karena tol Surabaya–Gresik harus ditutup sementara untuk pemasangan girder. ’’Aturannya, kami hanya boleh menutup sekitar 10 menit untuk pemasangan,’’ ucapnya saat ditemui kemarin (9/3). Sebab, arus lalu lintas tol tak boleh terhalang terlalu lama.

Pemasangan tersebut ditargetka­n selesai akhir Maret ini. Sementara itu, jalan sepanjang 1,95 km tersebut direncanak­an tuntas April nanti. Meski begitu, flyover dua jalur dengan empat lajur tersebut tak bisa langsung digunakan. Sebab, ujung flyover di kawasan Romokalisa­ri belum tersambung dengan JLLB. ’’Jadi, ya tidak bisa langsung fungsional,’’ sambung Harry.

Sisanya, yaitu sepanjang 0,45 km, memang masuk tahap II. Kesinambun­gan itu akan memenuhi jarak flyover menjadi 2,4 km. Pengerjaan tersebut memang dikejar tahun ini karena diharapkan bisa menunjang akses menuju Gelora Bung Tomo. ’’Setidaknya ini sangat membantu Surabaya menuju kota tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 nanti,’’ ucap Koordinato­r Proyek Flyover Unit Teluk Lamong M. Harry Dharmawan.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? KEJAR TARGET: Progres pembanguna­n flyover Teluk Lamong kemarin (9/3). Tahap I ditarget rampung April. Keseluruha­n proyek sepanjang 2,4 kilometer tersebut diharapkan tuntas pada November.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS KEJAR TARGET: Progres pembanguna­n flyover Teluk Lamong kemarin (9/3). Tahap I ditarget rampung April. Keseluruha­n proyek sepanjang 2,4 kilometer tersebut diharapkan tuntas pada November.
 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? SUDAH PENGECORAN: Pekerja mengecek deck slab di area section ketiga flyover Teluk Lamong kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS SUDAH PENGECORAN: Pekerja mengecek deck slab di area section ketiga flyover Teluk Lamong kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia