Jawa Pos

Tahura Lempung Perdana Berkonsep Herbal

-

SURABAYA,Jawa Pos – Taman hutan raya (tahura) di Jalan Lempung Perdana, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep akan dikonsep menjadi tahura herbal. Saat dikunjungi, taman yang berada di dekat SMPN 47 Surabaya itu begitu asri dan hijau. Pola tanahnya bergelomba­ng, membentuk bukit kecil dan berlapis rumput. Banyak tumbuhan yang ditanam. Antara lain, kunyit, temulawak, daun ungu, dan brambang dayak. Mayoritas tanaman herbal.

Koordinato­r Tahura Lempung Perdana Rahmad Kohar mengatakan, ada lebih dari sepuluh jenis tanaman herbal. Termasuk gandasuli dan lengkuas. Kohar menceritak­an bahwa dulu lahan itu merupakan bekas tambak. Pada 2018 pemkot menanam ratusan pohon produktif dan menjadikan­nya sebagai taman hutan raya. ”Total sekarang sekitar 500 pohon. Tahun ini dijadikan tahura herbal,” bebernya.

Untuk merealisas­ikan itu, Kohar menanam terlebih dahulu pohon berjenis akar tunggang. Misalnya, belimbing dan jambu darsono. Tujuannya, menjadi penunjang agar kontur tanah semakin kuat. Pohon itu juga berguna untuk mengatur kebutuhan sirkulasi udara. ”Daya tahan herbal berbeda-beda. Ada yang kuat di iklim panas. Ada juga yang kuat di iklim dingin,’’ jelasnya.

Kabid Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya Rahmad Kodariawan menyatakan, selain sebagai paru-paru kota dan penghijaua­n, tahura herbal dapat dimanfaatk­an warga sekitar. ”Untuk pemilihan jenis tumbuhan herbal, kami bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di Surabaya. Bisa sekitar 200 jenis,” tuturnya.

 ?? ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS ?? SIAPKAN PEMBIBITAN: Petugas merawat taman hutan raya di Jalan Lempung Perdana yang dikonsep menjadi tahura herbal.
ROBBY KURNIAWAN/JAWA POS SIAPKAN PEMBIBITAN: Petugas merawat taman hutan raya di Jalan Lempung Perdana yang dikonsep menjadi tahura herbal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia