Jawa Pos

Komnas Perlindung­an Anak Apresiasi Polres Gresik

Respons Cepat Kasus Penculikan

-

GRESIK, Jawa Pos – Komisi Nasional Perlindung­an Anak (Komnas PA) mengapresi­asi langkah Polres Gresik dalam menyikapi kasus penculikan anak. Sebagai wujud apresiasi itu, kemarin (9/3) Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait memberikan penghargaa­n kepada Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo dan jajaran.

”Respons cepat Polres Gresik dalam menangani kasus penculikan anak dapat meredam situasi kamtibmas di masyarakat sehingga tidak sampai meluas di daerah-daerah lain di Indonesia,” kata Arist.

Seperti pernah diberitaka­n, awal Februari lalu (3/2) warga di wilayah Kecamatan Cerme dihebohkan kabar penculikan anak. Korban Lia (nama samaran), 10, hendak diculik seorang lelaki bernama A. Muzzaki Maulana, 25, warga Kompleks Perumahan Banjarsari Asri, Cerme. Sekitar pukul 18.00, Muzzaki yang sopir kendaraan online baru menurunkan penumpang. Melihat ada anak keluar rumah, Muzzaki langsung menarik Lia ke dalam mobil.

Selanjutny­a, Muzakki membawa kabur Lia. Korban terus berteriak histeris hingga memancing massa. Akhirnya, Lia meloncat dari kursi samping mobil. Korban selamat. Muzzaki kemudian ditangkap di perlintasa­n rel kereta api (KA) di Cerme. Di hadapan polisi, Muzzaki mengaku mendapatka­n order dari seorang yang dikenalnya dari aplikasi pertemanan. Pelaku mengaku diiming-imingi sejumlah uang. Namun, belakangan polisi meragukan keterangan tersebut.

Menurut Arist, dalam beberapa minggu terakhir, maraknya pemberitaa­n penculikan anak berdampak pada keresahan masyarakat. Beruntung, penangkapa­n pelaku penculikan anak oleh Polri dan imbauan-imbauan serta tindakan lain mampu meredam keresahan tersebut. Karena itu, kamtibmas di

Indonesia bisa terjaga.

Pemberian apresiasi terhadap Polres Gresik bersamaan dengan pelaksanaa­n apel di halaman mapolres sekitar pukul 08.00. Karena itu, pemberian penghargaa­n tersebut terasa lebih meriah. ”Keberhasil­an Polres Gresik itu tidak terlepas dari dukungan, semangat, serta kerja keras anggota jajarannya dalam menjaga kamtibmas di wilayah,” ujar Kusworo.

Setelah ungkap perkara itu, Kapolres memang intensif melakukan road show ke sejumlah wilayah hukumnya. Tujuannya, memberikan sosialisas­i tentang bahaya penyebaran berita hoaks penculikan yang dapat berdampak pada perilaku seperti persekusi dan sejenisnya. Karena itu, untuk pencegahan, pihaknya mengedepan­kan upaya preventif, preemtif, dan intensif dengan memberikan edukasi kepada masyarakat. ”Selain itu, kami mengajak masyarakat untuk terlibat mengawasi dan melindungi anak-anaknya,” katanya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? JAGA KAMTIBMAS: Arist Merdeka Sirait (tiga dari kanan) yang didampingi AKBP Kusworo Wibowo (dua dari kanan) memberikan keterangan pers setelah penyerahan penghargaa­n atas kinerja Polres Gresik dalam ungkap pelaku penculikan anak.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS JAGA KAMTIBMAS: Arist Merdeka Sirait (tiga dari kanan) yang didampingi AKBP Kusworo Wibowo (dua dari kanan) memberikan keterangan pers setelah penyerahan penghargaa­n atas kinerja Polres Gresik dalam ungkap pelaku penculikan anak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia