Jawa Pos

Tabur Bunga di Makam W.R. Soepratman

Peringati Hari Musik Nasional

-

SURABAYA, Jawa Pos – Banyak pengunjung yang memadati makam Wage Rudolf Soepratman di kawasan Rangkah kemarin (9/3). Salah satu kegiatan adalah tabur bunga. Tanggal 9 Maret merupakan kelahiran pencipta lagu Indonesia Raya. Tanggal itu sekaligus diperingat­i sebagai hari Musik Nasional.

Para pegiat sejarah, perwakilan pemkot, dan mahasiswa menggelar upacara singkat sebelum tabur bunga.

Hadir dalam kegiatan itu wakil keluarga W.R. Soepratman, Soerachman. Dia memimpin langsung kegiatan tersebut. ”Saya selaku perwakilan keluarga menyampaik­an terima kasih kepada teman-teman yang hadir. Semoga kita terus mengingat semangat perjuangan W.R. Soepratman,” ucapnya.

Dia berpesan kepada generasi muda untuk tetap melanjutka­n semangat perjuangan pencipta lagu Indonesia Raya itu. Tidak lagi menggunaka­n fisik atau angkat senjata. ”Anak muda punya jalannya sendiri. Yang penting selalu berorienta­si pada hal yang positif,” kata keponakan

W.R. Soepratman tersebut.

Selepas memberi sambutan, dia menabur bunga secara simbolik. Setelah itu, diikuti mahasiswa dan pegiat sejarah. ”Saya memang menunggu momen ini,” ungkap mahasiswa Universita­s W.R. Supratman Surabaya Rayhan Renaldi.

Dia datang bersama 14 orang temannya. Mereka jadi peserta rutin saat hari kelahiran W.R. Soepratman. ”Ada banyak hal yang juga kami dapatkan dalam acara ini,” tambahnya.

Kabag Kemahasisw­aan Universita­s W.R. Supratman Surabaya Theo Bambang Soelarso menambahka­n, pihaknya juga mengajak mahasiswa mengunjung­i museum W.R. Soepratman yang berada di Tambaksari. ”Mahasiswa bisa melihat langsung rumah beliau yang kini dijadikan museum itu. Ada banyak ornamen yang menjelaska­n perjuangan­nya,” tuturnya.

Pegiat sejarah dari Forum Begandring Soerabaia Siswadi menerangka­n, selain momen untuk mengingat perjuangan Soepratman, harusnya lebih banyak anak muda yang datang ke acara itu. ”Miris, soalnya anak sekolah tidak ada. Hanya mahasiswa,” ungkap founder Community of Arek Kedungklin­ter tersebut.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? PENCIPTA INDONESIA RAYA: Pegiat sejarah dan mahasiswa menabur bunga di pusara makam W.R. Soepratman di kawasan Rangkah kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS PENCIPTA INDONESIA RAYA: Pegiat sejarah dan mahasiswa menabur bunga di pusara makam W.R. Soepratman di kawasan Rangkah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia