Jawa Pos

PKB Yakin Punya Empat Kader Terbaik

Setelah Gerindra-Golkar Jagokan Bambang Haryo

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Langkah trengginas Partai Gerindra dan Golkar belum tersaingi. Saat partai-partai lain masih menimbang-nimbang calon, Gerindra dan Golkar telah memantapka­n koalisi. Keduanya mengusung Bambang Haryo Soekartono (BHS). PKB, PDIP, PAN, dan sebagainya masih menunggu.

Pendaftara­n calon bupati dan calon wakil bupati dibuka pada Juni. Hingga kemarin (9/3), DPC PKB belum menentukan sosok yang tepat. Bahkan belum membuka pendaftara­n bakal calon. Partai berlambang bumi dan sembilan bintang itu masih menunggu keputusan pusat. Malah sangat mungkin tidak ada penjaringa­n.

Sekretaris DPC PKB Abdillah Nasih menyatakan, sejauh ini belum ada tanda-tanda pendaftara­n dibuka. DPC menunggu kepastian. ’’Itu sepenuhnya bergantung kepada DPP dan DPW

PKB,’’ katanya kemarin.

Sejatinya DPC PKB sudah merancang pendaftara­n bakal calon. Rencananya, pendaftara­n bakal calon dibuka pada 15–21 Januari lalu. Kemudian, ada seleksi administra­si. Namun, jadwal tersebut urung terlaksana. Mengapa? Ketua DPC PKB Sidoarjo yang juga Bupati Saiful Ilah ditangkap KPK. PKB tertinggal oleh parpol lain. Persiapan pilkada tersendat.

Di sisi lain, PDIP sudah mendapat 10 bakal calon kepala daerah. Perinciann­ya, tiga calon bupati dan tujuh calon wakil bupati. PDIP menunggu hasil survei. Wakabid Pemenangan Pemilu DPC PDIP Mundzir Dwi Ilmiawan menuturkan bahwa partainya masih menunggu hasil survei. Dalam waktu dekat, hasil survei disampaika­n. ’’Penetapan calon merupakan kewenangan DPP,’’ paparnya.

PAN juga bersiap. Partai berlambang matahari terbit itu membuka pendaftara­n. Hasilnya, tiga figur mendaftar. Dua calon bupati dan satu calon wakil bupati.

Bagaimana PKB? Nasih tetap optimistis. PKB bakal tetap memenangi pilkada. ’’Kami yakin menjadi nomor satu,’’ tegasnya.

Keyakinan Nasih itu tergambar dari banyaknya kader PKB yang masuk nominasi calon bupati. Ada empat nama. Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, anggota DPRD Jatim Achmad Amir Aslichin atau Iin, Wakil Ketua

DPRD Jatim Anik Maslachah, dan mantan Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan. Saat ini DPC PKB membebaska­n keempatnya menggalang dukungan. ’’Kumpulkan dukungan sebanyakba­nyaknya,’’ tuturnya.

Jika diputuskan ada pendaftara­n, DPC PKB segera membuka seleksi. Namun, jika tidak ada, DPP dan DPW akan menentukan calon yang layak. ’’Kami menunggu keputusan partai,’’ tandasnya.

 ?? DOK/JAWA POS ?? Anik Maslachah
DOK/JAWA POS Anik Maslachah
 ?? DOK/JAWA POS ?? Nur Ahmad Syaifuddin
DOK/JAWA POS Nur Ahmad Syaifuddin
 ?? DOK/JAWA POS ?? Achmad Amir Aslichin
DOK/JAWA POS Achmad Amir Aslichin
 ?? DOK/JAWA POS ?? Sullamul Hadi Nurmawan
DOK/JAWA POS Sullamul Hadi Nurmawan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia